Rotee Mataba, Jajanan Khas Thailand Bernuansa Melayu

Oleh: Junaida Astina

Liputan Thailand. Rotee mataba, atau biasa disebut dengan rotee, merupakan makanan khas Thailand yang serupa dengan rotee canai asal India. Rotee mataba adalah salah satu makanan khas masyarakat Thailand bagian selatan.

Rotee mataba sangat familiar bagi sebagian besar masyarakat Thailand, begitu juga di Bangkok. Biiasanya rotee disajikan dengan berbagai filling, topping, maupun dipping. Pada awalnya, rotee hanya dipadukan dengan kari ayam. Perpaduan antara rempah-rempah dari kari ayam bertemu dengan legitnya rotee yang dibentuk berlapis-lapis ini membuat rotee menjadi selingan favorit di semua kalangan usia. Seiring berjalannya waktu, rotee dipadukan dengan lebih banyak ragam topping dan filling, seperti keju, tuna, pisang, susu kental manis, serta milo.

Mr Jeen, salah seorang penjual rote mengaku, setiap hari Ia menjual sekitar 100-200 porsi rotee dalam satu hari. Satu porsi rotee dijual dengan harga berkisar antara 10-70 baht (sekitar Rp 4.000-30.000), tergantung dari jenis topping/filling rotee dan jenis toko.

Menurutnya, salah satu rotee yang banyak diminati adalah rotee dengan topping pisang, telur dan keju. Cafe yang berlokasi di pinggir jalan Petchburi Soi 7 Bangkok ini merupakan salah satu cafeselalu ramai pengunjung.

”Cafe kami buka pada malam hari, mulai dari jam 6 sore sampai tengah malam. Biasanya konsumen yang dating dari berbagai umur, mulai dari kanak-kanak hingga dewasa, bahkan anak mudapun seringkali menjadikan cafe kami untuk tempat mereka nongkrong,” ungkap Jeen.

Biasanya mereka nongkrong sambil menikmati rotee mataba dan dilengkapi dengan segelas es Thai tea, yang biasa disebut dengan chayen (cha berarti teh dan yen berarti dingin). Selain chayen, minuman yang tak kalah laris dan menjadi favorit pelanggan adalah chakiaw (teh hijau dengan susu atau dalam Bahasa Jepang disebut juga dengan matcha).

Joko Gunawan, seorang pelajar asal Indonesia yang belajar di Thailand, merupakan salah seorang pelanggan cafe rotee Jeen. Menurutnya, yang menjadi pelanggan setia adalah cita rasa rotee yang memang sesuai dengan lidah, begitu juga dengan lidah orang Indonesia.

“Selain harganya ekonomis, lokasi yang strategis dan nyaman untuk ngobrol, yang paling penting itu adalah rasanya poolll muanthabb dilidah kita. Jadi, kalau teman-teman berkunjung ke Thailand, jangan lupa coba kenikmatan rotee khas Thailand ini yaa…” tutup Joko.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top