Khazanan Tenun Ranah Minang Hadir di Malaysia

Songket Pandai Sikek, sumber foto: songketpandaisikek.com

Indonesiantoday : Kuala Lumpur, Siapa yang tak kenal Songket, kerajinan tenun milik Indonesia ini memiliki nilai yang sangat tinggi dibandingkan batik. Proses pembuatannya yang memakan waktu lama menjadikan kualitas tenun songket memilki kesan yang ekslusif saat digunakan.

Beberapa daerah di Indonesia memiliki Tenun Songket yang berbeda corak maupun kualitasnya. Sebut saja Palembang, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan masih banyak daerah lainnya.

Baru-baru ini, salah seorang pengerajin Songket asal Sumatera Barat mendapat kesempatan untuk mengikuti pameran di Shah Alam Malaysia, pameran yang di hadiri oleh sejumlah negera di Asean ini menampilkan berbagai kerajinan tangan maupun pakaian tradisional dari masing-masing negara. Sumatera Barat adalah salah satu peserta dari Indonesia yang ikut serta memarkan kerajinan Songket Silungkang.

Menurut penyelenggara, event ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang bekerjasama dengan pemerintah Malaysia untuk menjalin kerjasama negara serumpun Asean. Sementara itu, Tety Karlina perwakilan dari Indonesia Sumatera Barat yang menjadi utusan menyebutkan, saat pameran sangat banyak yang tertarik dengan Kain Songket Asal Minang.

Songket Silungkang, Sumber foto: songketsilungkang.com

“Songket minang yang dihadirkan dalam pameran ini terdiri dari tiga jenis, Songket Silungkang, Songket Pandai Sikek dan Songket Tanah Datar. Dari tiga jenis ini Songket Silungkang paling banyak peminatnya,” ungkap Tety.

Songket silungkang dan songket Pandai Sikek adalah salah satu hasil tenun Minang yang memiliki keistimewaan tersendiri. Menurutnya yang membuat kain songket ini bernilai tinggi selain proses pengerjaanya adalah jenis pewarna yang dipakai untuk pembuatan sonket.

“Kalau pewarna sintetis harganya ga akan terlalu mahal dibandingkan pewarna alami, kualitas benangpun sangat mempengaruhi harga,” ujar Uni Tety yang sudah lama merintis usaha Songket.

Katanya songket Silungkang sangat terkenal dari Sumbar, namun masih banyak lagi jenis songket di Minang yang memiliki kualitas terbaik.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top