Melirik Silat Tapak Suci Asal Indonesia di Kairo

Indonesian Today

Ternyata banyak kebudayaan Indonesia telah mencuri perhatian masyarakat Egypt. “Pencak Silat” adalah salah satunya. Minggu 19 Maret 2017 lalu, indonesiantoday.id menyaksikan langsung masyarakat setempat belajar silat di Pusat Kebudayaan Indonesia (PUSKIN) KBRI Kairo.

Seorang Staff KBRI Kairo menjelaskan, Tapak Suci (TS) merupakan cabang dari pencak silat khas Indonesia yang yang mulai berkembang semenjak 2010. Dulunya Sopiandrizal asal Minang yang membawa masuk ilmu bela diri ini di Kairo.

“Pada tahun 80-an Ia datang belajar di Universitas Al-Azhar Kairo. Karna tidak ingin ilmu bela dirinya hilang pria ini bersama teman-temannya berlatih silat di asrama buuts Putera milik Al-Azhar,” pungkasnya.

Setelah dibuka untuk umum, jumlah peserta terus bertambah, muali dari 8 orang saat ini sudah mencapai 350 orang anggota. Sebagian besar anggota merupakan masyarakat setempat. Peserta mulai dari anak-anak hingga dewasa, bahkan wanita juga ikut berlatih.

Abdullah Sa’id salah seorang pelatih menjelaskan, Silat TS ini merupakan asuhan dari PCI Muhammadiyah Kairo. Di antara cabang yang aktif terdapat 3 tempat di Provinsi Kairo, 2 di Central  Zahro, PUSKIN Ma’adi Zahra, dan 1 tempat di Kabupaten Banha.

“Biasanya kami akan pisahkan jadwal latihan khusus peserta puteri, mengingat jumlah peserta sangat banyak dalam satu pekan kami akan mengatur jadwal agar latihan dapat berjalan dengan lancar. Dan masing-masing peserta juga akan mengenakan pakaian khas Pencak Silat,” Ungkap Abdullah.

Saat ini di Mesir Egyptian Pencak Silat Federation sudah diakui oleh ikatan pencak silat Indonesia. Bahkan pemerintah Mesir sedang mempersiapkan legalitas agar Egyptian Pencak Silat Federation dapat mengikuti turnamen Internasional kedepannya.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top