Menjaga Rambut Tetap Indah Dengan Berhijab

Cewe Hijab

Foto: Hipwee

Pengalaman pribadi sejumlah wanita berhijab mengaku mengalami masalah dengan rambut. Sebagian bermasalah dengan ketombe, rambut rontok, bahkan sebagian ada juga kutu rambut yang bersarang di kepala. Demikian dijelaskan Dr Khalissa SpKK salah seorang dokter di klinik kecantikan Kuala Lumpur.

Menurutnya, masalah yang dialami kebanyakan wanita berhijab ini lebih kepada cara mengurus rambut yang salah. Penyebab lainnya dapat timbul karena kondisi suhu kepala yang tidak stabil sehingga menyebabkan datangnya jamur dikulit kepala.

“Suhu panas yang berlebihan terkadang dapat menyebabkan kulit kepala mengalami dermatitis atau radang kulit. Hal ini juga bisa terjadi karena penggunaan syampo yang salah,” ujar Khalissa saat dihubungi indonesiantoday 31 maret 2017.

Rambut adalah mahkota bagi wanita, biasakan merawat rambut selayaknya merawat anggota tubuh lain. Sehingga rambut dapat tetap sehat meskipun menggunakan hijab.

Masalah pada kulit kepala pada dasarnya bisa terjadi kepada siapa saja, apalagi wanita berhijab yang kesehariannya dalam keadaan tertutup rapat. Jika suhu di kepala dalam keadaan stabil masalah pada kulit kepala dipastikan tidak akan terjadi.

Untuk memastikan kulit kepala tetap sehat ketika berhijab tips berikut akan membantu masalah kulit kepala:

1. Keramas secara teratur: Kepala yang ditutup rapat dapat mengakibatkan suhu kepala tidak stabil. Pastikan mencuci rambut secara teratur untuk menjaga kesehatan rambut.

2. Jangan tutup rambut dalam keadaan basah: Apabila rambut selesai dikeramas, pastikan rambut dalam keadaan kering sebelum menggunakan hijab. Dalam ber aktifitas keseharian diluar rumah, waktu-waktu sholat dapat dijadikan kesempatan untuk sedikit memberikan udara segar kepada rambut.

3. Tidak dianjurkan selalu mangganti syampo: Biasakan untuk menggunakan syampo yang sama. Syampo mengandung zat kimia dengan kandungan yang berbeda-beda untuk masing-masing jenis. Untuk menjaga rambut tetap sehat pastikan tidak mengganti syampo. Rambut perlu beradaptasi jika menggunakan syampo tertentu, jika selalu mengganti syampo kondisi rambut juga akan menjadi kering karena kandungan kimia yang diganti-ganti.

4. Gunakan Vitamin rambut: Secara teratur setelah keramas gunakan vitamin atau masker rambut yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala. Akan lebih aman lagi jika menggunakan bahan yang alami untuk vitamin rambut seperti lidah buaya dan minyak zaitun.

Jika sudah mengamalkan tips ini dipastikan setiap muslimah akan mempunyai rambut yang tetap sehat.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top