The World Meets Wonderful Indonesia Promosikan Indonesia di Kuwait

Indonesian Today

Indonesiantoday : Kuwait- Country Branding “Wonderful Indonesia” mulai memasuki ranking 47 tahun 2015 silam. Ranking ini telah mengalahkan country branding Truly Asia Malaysia dan Amazing Thailand. Selain itu, kunjungan wisatawan mancanegara terus tumbuh dan mencapai target 12 Juta pada tahun 2016 atau tumbuh 15.54% dibandingkan tahun 2015.

Untuk tahun 2019, Presiden RI telah menetapkan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara. Untuk mencapai target tersebut, Kementerian Pariwisata bekerja keras dengan menetapkan 10 Program Prioritas tahun 2017 termasuk turis digital, homestay desa wisata, akses transportasi udara, branding, pengembangan destinasi prioritas, dan peningkatan investasi.

Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan RI di luar negeri akan menjadi kunci untuk mencapai target Presiden RI tersebut. Menjawab hal tersebut, Nana Yuliana, Direktur Sekolah Staf Dinas Luar Negeri (Sesdilu) menyampaikan bahwa Kementerian Luar Negeri berkomitmen penuh mendukung pencapaian target 20 juta wisatawan mancanegara tahun 2019.

Indonesian Today
Foto: doc. Mahasiswa Kuwait

Sejumlah perwakilan Indonesia diluar negeri saat ini memang terbukti terus bergiat melakukan promosi pariwisata maupun kebudayaan Indonesia dengan berbagai cara. Dengan menggandeng masyarakat Indonesia sebagai duta Indonesia masing-masing perwakilan KBRI di luar negeri juga menggelar berbagai event untuk mempromosikan Indonesia.

Setelah penayangan film-film Indonesia di Malaysia baru-baru ini, 28-30 Maret lalu KBRI Kuwait bersama Wonderful Indonesia ikut meramaikan event  “The World Meets” yang digelar oleh Kuwait University. Event ini menggandeng pelajar Indonesia sebagai pelaksana teknis kegiatan.

“Berbagai kerajinan tangan khas Indonesia diperkenalkan dalam event ini, seni tulisan aksara Jawa sangat menarik perhatian pengunjung. Event tahunan ini sangat ampuh memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Kuwait khususnya,” jelas Afif Aziz, mahasiswa Indonesia di Kuwait.

Wonderful Indonesia mampu melakukan branding kepada pengunjung tentang keunggulan pariwisata Indonesia. Sejumlah informasi objek wisata dan keragaman budaya Indonesia disajikan dengan lengkap dalam acara ini.

Ambia W. Utama Treasurer Indonesian Embassy Kuwait menyebutkan pengunjung acara ini diperkirakan lebih dari 500 orang. Wonderfull Indonesia juga membagikan CD tentang pariwisata Indonesia sebagai kenang-kenangan kepada pengunjung.

Indonesian Today
Foto: doc. Mahasiswa Kuwait

“Acara ini sebagai jalan pembuka informasi wisata dan nilai kearifan tiap negara, dan sangat efektif karna dijelaskan langsung dari masyarakat lokal negara tersebut.” jelas Ambia W. Utama, Treasurer Indonesian Embassy Kuwait.

Berdasarkan hasil riset Indeks Daya Saing Pariwisata yang dirilis oleh World Economic Forum tahun 2015, Pariwisata Indonesia unggul dalam hal harga yang kompetitif dan sumber daya alam bila dibandingkan dengan negara ASEAN lain seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina maupun Vietnam. Bahkan untuk indeks harga yang kompetitif, Indonesia berada di rangking ke-3 dari 141 negara yang di teliti.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top