KBRI Kuala Lumpur Pastikan Siswa SIKL Telah Bersedia Mengikuti UN 2017

SIKL

Indonesiantoday: Kuala Lumpur – Wakil Duta Besar KBRI Kuala Lumpur Andreano Erwin pastikan siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) telah siap melaksanakan Ujian Nasional (UN) 10 April 2017 mendatang.

Hal tersebut disampaikan usai melakukan doa bersama keluarga besar SIKL menjelang pelaksanaan UN di SIKL.

“Anak-anak kita secara akademik sudah dipersiapkan sebaik mungkin untuk UN minggu depan, dan kami yakin mereka akan berhasil dengan prestasi yang baik, namun kami tekankan kepada siswa bahwa UN bukan standar kelulusan, tetapi UN menentukan kelulusan mereka,” ungkap Andreono kepada Indonesiantoday di Kuala Lumpur.

Dijelaskannya SIKL adalah salah satu sekolah Indonesia di luar negeri. Menurutnya pemerintah Malaysia telah memberikan kesempatan kepada siswa SIKL untuk masuk perguruan tinggi negeri di Malaysia tanpa melewati tes.

Hal senada dibenarkan Prof Ari Purbayanto Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur. Malaysia Qualification Agency (MQA) telah memastikan apabila nilai UN siswa SIKL diatas 6,5 maka layak masuk perguruan tinggi tanpa tes. Bahkan 11 anak telah dipastikan lulus di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Johor.

Siswa SIKL
Foto: Doc. KBRI Kuala Lumpur

Dijelaskannya pula bahwa, penetapan kelulusan sepenuhnya hak sekolah dengan penggabungan hasil ujian sekolah dan UN. Meskipun UN tidak menentukan kelulusan tetapi harus dicapai optimum karena akan menjadi catatan hidup.

“Yang perlu disiapkan adalah psikologis anak dan peran ini, orang tua yang akan melakukan di rumah,” jelas Ari.

Dalam doa bersama empat hari menjelang UN ini seluruh siswa peserta ujian dari SD, SMP dan SMA di SIKL mengikuti kegiatan tersebut dengan khidmat. Selain doa bersama juga diberikan motivasi oleh Ketua Komite Sekolah SIKL Dr Lili Yulyadi. Disampaikan, untuk membangun generasi penerus bangsa yang memiliki integritas yang tinggi dalam setiap aktifitas akademis maupun non akademis.

“Indonesia yang akan datang ada ditangan kalian, meski jauh dari tanah air kalian membawa misi penting untuk menjadi insan yang mampu memberikan prestasi kepada Indonesia,” pungkas Lili kepada siswa peserta UN di SIKL.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top