Warga Indonesia Terima Anugrah Aplikasi Halal di Taiwan

Taiwan Halal

Indonesiantoday: Taiwan – Aplikasi berbasis Android “Taiwan Halal” karya mahasiswa Indonesia kembali menjadi juara dalam ajang perlombaan business yang diselenggarakan oleh kementerian pendidikan Taiwan pada 25 Maret 2017 lalu. Kemenangan serupa juga diterima dari Kementerian Ekonomi Taiwan 2016 lalu.

Dalam perlombaan yang diikuti 50 peserta dari berbagai universitas di Taiwan itu, aplikasi yang dibuat oleh empat mahasiswa National Chiau Tung University (NCTU) yakni Aris Kusumo Diantoro, Faisal Fahmi, Himmatur Rijal dan Jiwa Malem Seraya berhasil meraih juara 1 dalam kategori business.

“Taiwan Halal merupakan satu-satunya grup dari mahasiswa asing yang mengikuti kompetisi tersebut. Bahasa mandarin tidak menjadi penghalang bagi kami untuk memperkenalkan ‘halal food’ melalui aplikasi ‘Taiwan Halal’,”  ungkap Aris Kusmo salah seorang dari pemenang lomba,.

Aris mengaku, selain dirinya dan teman-teman Indonesia yang tergabung dalam tim terdapat satu orang mahasiswa Taiwan yang membantu tim yang bertugas untuk melakukan translate bahasa mandarin.

Dalam kompetisi yang diselenggarakan kementerian pendidikan tersebut dibagi tiga kategori yaitu inovation, idea, dan business, para dewan juri menetapkan aplikasi Taiwan Halal karya mahasiswa Indonesia sebagai pemenang utama kategori business.

“Kami berharap aplikasi Taiwan Halal ini bisa menginspirasi orang lain untuk ikut serta dalam memperkenalkan makanan halal di Taiwan, artinya jika orang mengetahui makanan halal maka orang akan tahu akan Islam,” pungkas Aris yang juga aktif di Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI-NU) di Taiwan.

Dengan ikut serta dalam ajang ini Aris dan rekan-rekannya juga menjalankan misi untuk memperkenalkan islam kepada masyarakat Taiwan dan juga tentunya secara tidak langsung telah mengharumkan nama bangsa.

“Memperkenalkan Islam tidak harus lewat pengajian, dengan kemenangan ini kami sebagai muslim juga telah menjalankan syi’ar Islam di Taiwan dan sekaligus membantu umat muslim yang berkeinginan untuk berkunjung ke Taiwan agar  tidak merasa kesulitan dalam hal mencari makanan halal di Taiwan,” jelas Aris lagi.

Dijelaskannya, aplikasi “Taiwan Halal” diciptakan tidak saja untuk muslim, bahkan masyarakat non muslim Taiwan atau masyarakat dari berbagai negara yang ada di Taiwan secara umum juga akan terbantu saat ingin mencari makan khas negara mayoritas muslim seperti Indonesia, Pakistan, serta Arab Saudi di negeri berjuluk “Formosa” itu.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top