Hari Kesehatan Dunia tahun 2017 “Depression; Let’s Talk”

Hari Kesehatan Dunia

Indonesiantoday: Tips – Sumber WHO mengatakan Depresi adalah salah satu gangguan mental yang dialami lebih dari 300 juta orang di dunia. Pada kondisi terburuk, depresi dapat mengakibatkan penderita bunuh diri.

Depresi dapat terjadi karena faktor interaksi sosial, psikologis, dan biologis. Seseorang yang mengalami pengalaman tak menyenagkan pada hidup seperti pengangguran, trauma psikologis seperti kehilangan orang yang dicintai, bahkan penggunaan sosial media secara tidak wajar pun dapat mendorong pada timbulnya gangguan mental ini.

Kabar baiknya, tersedia pengobatan yang efektif untuk mengatasi gangguan mental ini. Selain itu ada beberapa pencegahan yang dapat kita lakukan untuk menghadapi gangguan mental ini.

Yuk simak dulu kampanye Let’s Talk versi WHO;

1. Lets Talk! Dengan seseorang yang dipercaya merupakan salah satu terapi yang digunakan untuk pencegahan depresi, dimana hal ini dapat meningkatkan pikiran yang positif dan tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi.

2. Let’s talk! Berikan celah agar masalah dapat dibagi dengan orang lain.

3. Olahraga, alihkan masalah anda dengan melakukan olahraga ringan.
Penelitian seorang Psikologis Duke University dalam journal Psychosomatic Medicine menunjukan bahwa dengan 30 menit melakukan brisk exercise, melakukan olahraga ringan tiga kali seminggu sama efektifnya dengan menjalani terapi obat dalam mengatasi gejala depresi, dan jika dilakukan dalam jangka panjang dapat menurunkan resiko kekambuhan depresi secara signifikan.

Nah… Hindari terjadinya depresi dengan tips di atas. Pastikan anda dan keluarga dapat terhindar dari gejala depresi. Singkatnya, Turn depression into happiness.

Hadapi Stigma secara Wajar.
Berbagai stigma yang berlaku dalam masyarakat cenderung berkontribusi dalam menyebabkan depresi. Dengan menanggapi stigma tersebut secara wajar , anda dapat membantu lebih banyak orang untuk terhindar dari depresi.

Hindarkan diri dari depresi dengan menerapkan interaksi sosial, psikologis, dan biologis lebih baik lagi. Mari bersama lawan depresi dengan bantu kampanyekan Depression : Let’s Talk!

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top