Jumlah Peserta UNBK SILN Mengalami Peningkatan

Ujian Nasional Berstandar Komputer

Indonesiantoday: Kuala Lumpur – Tahun 2017 Jumlah Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang menjadi peserta Ujian Nasional Berstandar Komputer (UNBK) mencapai 7 Negara yang terdiri dari 10 SILN. Angka ini mengalami peningkatan setelah tahun sebelumnya hanya 3 SILN yang siap menjalankan proses ujian. Demikian disampaikan Irjen Kemendikbud Daryanto pada usai pelaksanaan UNBK 14 April 2017 lalu.

Menurutnya, pada 2016 lalu hanya Malaysia, Singapura, Tokyo, dan Moskow saja yang bersedia menjalankan UNBK. Sedangkan tahun ini lima negara lainnya menyatakan bersedia adalah Bangkok, Jeddah, Kairo, Den Haag, Beograd.

“Hal ini menunjukkan prestasi bagi SILN yang menyatakan kesiapannya untuk pelaksaan UNBK, kita hanya menunggu hasilnya saja,” ungkapnya.

Sementara itu di Malaysia tahun 2017 terdapat penambahan SILN peserta UNBK, selain Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) juga ada Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) yang bersedia mengikuti UNBK 2017. Untuk SIKL dijelaskan Agustinus Suharto Kepala Sekolah SIKL, jumlah siswa SMA yang mengikuti UNBK sebanyak 45 orang anak. Sekolah sudah mempersiapkan masing-masing anak dengan sejumlah tryout agar dapat menjalakan ujian dengan baik sesuai dengan prosedur ujian yang telah ditetapkan Kemendikbud.

“Ujian SMA sudah selesai hari kamis kemarin, selanjutnya kami sedang mempersiapkan UNBK untuk SMP dan SD pada awal Mei mendatang,” jelas Agus.

Untuk Singapura, Dewi Setiami Humas Sekolah Indonesia Singapura (SIS) menjelaskan, jumlah perserta UNBK SMA sebanyak 16 anak yang terdiri dari 9 jurusan IPA dan 7 IPS.

“Pelaksanaan ujian berjalan lancar, seterusnya kami akan memastikan pelaksanaan UNBK untuk 12 orang siswa SMP pada 2 Mei mendatang,” jelas Dewi saat dihubungi indonesiantoday.id Sabtu, 15 April 2017.

Direncanakan pelaksanaan UNBK untuk SMP dan SD akan dijalankan serentak dengan tanah air. Setiap peserta ujian perlu mempersiapkan diri agar dapat menjalankan UNBK dengan baik.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top