Putra Karimun Jalankan Research Lintas Benua

Putra Karimun Jalankan Research Lintas Benua

Indonesiantoday: Malaysia – Mengerjakan research selalunya memerlukan ketekunan, inilah yang dialami Rezzy Eko Caraka. Semenjak kuliah S1 di Universitas Diponegoro, pria kelahiran Tanjung Balai Karimun 1994 ini sudah dipercaya untuk menjalankan penelitian bersama dosennya.

Dengan ketekunannya Rezzy saat ini mendapat banyak kesempatan menjalankan penelitian dari berbagai University di lintas benua.

“Saya masih ingat dengan Pak Hasbi Yasin pembimbing skripsi saya, dia adalah orang pertama yang menjadikan minat untuk dunia research menjadi seperti sekarang, dan Prof Ocky Karna Radjasa semasa menjadi asisten di LPPM Undip.  alhamdulillah sampai saat ini saya sudah mengerjakan research bersama dengan berbagai university di lintas benua,” jelas Rezzy saat dihubungi indonesiantoday.id 27 April 2017.

Rezzy memiliki keahlian dalam Data Scientist, saat ini research yang sedang berjalan adalah dengan Wollongong university, Adelaide University, GHENT University Belgium, Western Ontario Kanada. Dari sejumlah research ini menurutnya yang paling berkesan adalah research yang dijalankan bersama bioinformatics dan data science research center. Research ini fokus kepada padi resisten terhadap climate change yang mendapat pendanaan dari Food and Agriculture (FAO) PBB.

Research ini sejalan dengan program nawacita pemerintah untuk mendapatkan bibit padi unggulan untuk kebutuhan pangan Indonesia. Penelitian lainnya yang sangat berkesan adalah pembuatan database cancer colorectal dengan Clemson University di Amerika dan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin,” pungkasnya.

Pria saat ini masih menjalankan studinya di University Kebangsaan Malaysia. Selain kuliah, Rezzy menghabiskan waktunya dengan project research. Hingga saat ini sebanyak 22 research sudah dijalankan Rezzy terhitung semenjak 2015 silam.

Dr Sandy Burden salah satu tim research asal Wollongong University Australia yang juga meneliti tentang spatial statistics membenarkan ketekunan Rezzy selama menjalankan penelitian bersama. Dijelaskannya, Rezzy adalah anak muda yang unik dengan minat yang sangat tinggi untuk menjalankan penelitian.

“Selama bekerja dalam satu tim, selalunya pekerjaan diselesaikan tepat waktu, dengan usia yang masih sangat muda Rezzy memiliki banyak kesempatan dengan ketekunan dia dalam menjalankan penelitian,” jelasnya.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top