Peringati Hari Buruh Ratusan Pekerja Wanita di Kuala Lumpur Ikuti Pelatihan Public Speaking

Peringati Hari Buruh

Indonesiantoday: Kuala Lumpur – Ratusan Wanita Indonesia di sejumlah pabrik di Malaysia mengikuti pelatihan public speaking di KBRI Kuala Lumpur. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih percaya diri mereka agar memiliki keberanian bicara dihadapan publik.

Evi Hartati sebagai Ketua Umum Forum Komunikasi Muslimah (Fokma) menjelaskan, Seminar Komunikasi dan Pelatihan Public Speaking merupakan salah satu agenda rutin tahunan untuk tenaga kerja wanita Indonesia di Malaysia bertepatan dengan May Day. Selain menjadi ajang kreativitas TKI, momen ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas diri TKI terkait kemampuan public speaking.

“Respon TKI sangat bagus untuk kegiatan ini, dan KBRI juga memberikan fasilitas untuk kita dapat mengadakan kegiatan ini, seminar ini juga merupakan. bentuk perhatian Fokma kepada TKI, dan sekaligus meningkatkan kualitas maupun potensi sumberdaya TKI kita di Malaysia,” ungkap Evi saat dihubungi indonesiantoday.id.

Menurut Mira Kartiwi panitia yang terlibat dalam pelatihan ini menjelaskan, 1 Mei 2017 sengaja dipilih sehubungan dengan hari libur bagi pekerja buruh pabrik untuk memperingati hari buruh. Sehingga waktu ini sangat tepat untuk para pekerja ikut serta dalam pelatihan ini.

“Kami sengaja fokuskan kepada wanita khususnya muslimah, sehingga diharapkan kaum hawa ini lebih termotivasi untuk meng-upgrade kemampuan berkomunikasi dihadapan publik,” Pungkas Wanita yang juga merupakan Dosen di salah satu kampus negeri di Malaysia ini.

Sementara itu, Dra. Hj Dwi Septiawati Direktur Majalah Ummi, diundang langsung panitia dari Indonesia untuk melatih kemampuan berkomunikasi peserta seminar. Selain memberikan teori berkomunikasi, narasumber juga memberikan tips dan teknik public speaking yang sangat sederhana kepada peserta seminar.

Peringati Hari Buruh
Ratusan TKI mengikuti Pelatihan Public Speaking di KBRI Kuala Lumpur Foto: Dok. indonesiantoday.id

“Kemampuan public speaking lebih kepada kebiasaan, semakin sering berbicara di forum biasanya keahlian dalam menguasai forum akan semakin terlatih. Dan yang pasti mulailah berbicara dengan menggunakan hati, sehingga tutur yang disampaikan akan mengena dihati publik,” pungkasnya.

Sejumlah peserta seminar yang diberi kesempatan untuk mempraktekkan kemampuan public speaking nya secara langsung dibimbing narasumber dengan memberikan masukan dan teknik yang tepat dalam berbicara dihadapan forum. Peserta terlihat bersemangat untuk mengikuti pelatihan. Narasumber lain yang juga diundang untuk melatih teknik berbicara dihadapan forum adalah Shinta Dewi Indriami yang merupakan redaktur majalah Ummi.

Siti salah seorang pekerja Indonesia dari PT Sony mengaku beruntung mendapat kesempatan mengikuti pelatihan ini, baginya seminar dan pelatihan public speaking ini merupakan kesempatan untuk melatih diri agar lebih berani dan terlatih untuk tampil di depan publik.

“Kemampuan berbicara di depan forum akan menjadikan percaya diri lebih tinggi. Perempuan cerdas juga akan terlihat dari kemampuan bahasanya yang baik, dan pelatihan ini merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi saya sebagai buruh yang jauh dari rantau, pelatihan seperti ini tidak akan pernah kami dapatkan di pabrik,” jelas Wanita asal Jawa Timur ini.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top