Jumlah Wisatawan Asal UEA Tujuan Indonesia Mengalami Peningkatan

Jumlah Wisatawan Asal UEA

Inonesiantoday: Dubai – Uni Emirat Arab (UEA) merupakan pasar wisatawan terbesar kedua bagi Indonesia dari wilayah Timur Tengah. Pada tahun 2016, jumlah wisatawan asal Persatuan Emirat Arab (PEA) yang berkunjung ke Indonesia tercatat sekitar 7.831 orang. Demikian disampaikan Hengki Pinandito Pensosbud Kedutaan Besar RI Abu Dhabi.

“Diharapkan jumlah wisatawan asal PEA yang berkunjung ke Indonesia akan terus meningkat melalui peningkatan kerjasama antara tour operator, pembuatan paket wisata yang dapat mengakomodir kebutuhan wisatawan dari PEA,” ungkapnya Hengki.

Dijelaskannya, dibukanya penerbangan Garuda Indonesia ke PEA menjadi salah satu faktor meningkatnya jumlah wisatawan asal PEA. Keberhasilan Indonesia meraih 12 dari 16 penghargaan pada World Travel Halal Awards 2016 juga menjadi alasan kuat peningkatan tersebut.

“Destinasi wisata pilihan PEA ke Indonesia salah satunya adalah Lombok, ini diawali dengan terpilihnya Lombok sebagai The World’s Best Tourism Destination dan The World’s Best Halal Honeymoon Destination dalam World Halal Travel Summit and Exhibition 2015 di Abu Dhabi, sejak 2015 hingga hari ini jumlah wisatawan terus meningkat,” ungkap Hengki lebih lanjut.

Menurutnya, 85% penduduk PEA adalah ekspatriat yang merupakan pasar wisatawan sangat strategis. Pada tahun 2016, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke PEA mencapai lebih dari 14,8 juta orang, yang melebihi jumlah penduduk setempat yang tercatat sebanyak 9,5 juta orang.

“Tingginya jumlah wisatawan asing di PEA merupakan pangsa pasar potensial bagi promosi pariwisata Indonesia dan perlu dimanfaatkan oleh travel operator Indonesia untuk menarik para wisatawan tersebut berlibur ke Indonesia,” lanjut Hengki.

Sementara itu Muhammad Ubaidillah salah seorang WNI yang hampir 12 tahun menetap di Dubai membenarkan mulai tingginya minat masyarakat UEA. Menurutnya, usaha KBRI juga terus berupaya melakukan promosi pariwisata Indonesia dengan menggandeng Wonderful Indonesia adalah salah satu faktor peningkatan tersebut.

“Setiap tahunnya di sini ada Indonesian night, biasanya event ini banyak sekali masyarakat setempat yang mendapatkan informasi tentang destinasi pariwisata terbaik di Indonesia. Meskipun untuk south Asia Thailand dan Malaysia masih menjadi pertama wisatawan UEA, tapi minat masyarakat UEA untuk mengenal Indonesia sudah jauh lebih baik,” ungkap Muhammad Ubaidillah saat dihubungi indonesiantoday.id 8/5/17.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top