Bakso Mang Oedin Wujudkan Cita Rasa Kuliner Indonesia di Jeddah

Bakso Makanan Khas Indonesia

Indonesiantoday: Jeddah – Siapa yang tak kenal Bakso, makanan khas Indonesia ini telah mendunia di sejumlah negara. Selalunya WNI yang merantau ke luar negara menjadi sumber popularitas makanan satu ini.

Di Jeddah ternyata bakso sudah mulai dikenal semenjak tahun 90an, salah satunya adalah ‘Bakso Mang Oedin’, kuliner khas Indonesia ini selalu menjadi menu favorit WNI di Jeddah. Saat musim haji tiba, Bakso Mang Oedin selalu menjadi serbuan jamaah Indonesia di tanah suci.

Abdul Gofur Mahmudin pemiliki usaha PT. Mang Oedin Grup merupakan Direktur utama yang saat ini bertanggungjawab untuk setiap kios Bakso Mang Oedin di Jeddah. Menurutnya sejak tahun 90 hingga hari ini Ayah nya telah membuka banyak cabang di sejumlah lokasi. Namun meskipun banyak cabang standard rasa masing-masing kios tidak ada yang berbeda.

“Bakso Mang Oedin awalnya dirintis oleh ayah saya, dan kebetulan saya yang melanjutkan, sejak dulunya memang kuliner Bakso paling banyak peminat ketika musim haji tiba, tidak saja jamaah asal Indonesia, melainkan dari beberapa negara lain seperti Brunai dan Malaysia. Jamaah haji maupun umroh selalunya familiar dengan Bakso Mang Oedin,” Ungkap Gofur yang akrab disapa Gobe ini.

Bakso Mang Oedin Wujudkan Cita Rasa Kuliner Indonesia di Jeddah
Para Jamaah memenuhi Bakso Mang Oedin

Lebih lanjut dijelaskannya, Bakso merupakan bagian kecil kuliner Indonesia di Jeddah yang digemari masyarakat. Awalnya Mang Oedin memilih bisnis kuliner karena kesulitannya jamaah Indonesia mendapatkan menu makanan khas Indonesia ketika menjalankan ibadah. Alasan ini lah yang menjadikan mang Oedin memulai usaha kulinernya di Pasar Seng Mekkah. Selain Bakso masih lagi bisnis Mang Oedin yang tersebar di sejumlah lokasi di Jeddah.

Sementara itu Hj. Linda Pemilik PT Lintau Sejati mengaku selalu membawa jamaah Umrohnya untuk bersantap kuliner Indonesia di Mang Oedin, menurutnya selain Bakso selalunya ada kuliner Indonesia lainnya yang menjadi pilihan, selain bersih lokasinya juga strategis dan dekat dengan pusat perbelanjaan.

“Setiap kali bawa rombongan jamaah umroh, kami memang selalu makan di Mang Oedin di Al- Balad, kalau untuk rasa sudah cukup sesuai untuk dijadikan pilihan menu jamaah Indonesia, selain itu lokasinya juga sangat strategis,” ungkap Linda saat dihubungi indonesiantoday.id 10/5/17.

Usaha Bakso Mang Oedin memang memerlukan perjuangan dan waktu yang lama sehingga hari ini. Usaha kuliner ini sekaligus menjadi salah satu contoh bisnis yang bagus untuk di kembangkan. Bakso Mang Oedin juga telah menjadi promosi Indonesia kepada jamaah dari negara lainnya.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top