Konsumsi Kalori Tepat Untuk Dapatkan Tubuh Sehat

Konsumsi Kalori Tepat Untuk Dapatkan Tubuh Sehat

Indonesiantoday: Thailand – Gizi seimbang merupakan salah cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Konsumsi jumlah kalori berlebih dapat mengakibatkan kelebihan berat badan dan meningkatkan risiko diabetes dan juga penyakit jantung.

Banyak orang memertanyakan tentang cara mengukur jumlah kalori dalam sehari. Sarjana gizi lulusan IPB, Junaida Astina, menjelaskan ada banyak cara untuk menghitung kebutuhan kalori dalam sehari. Cara yang paling ideal adalah menggunakan alat bernama indirect calorimetry, namun alat tersebut terbilang mahal sehingga jarang digunakan dalam praktik sehari-hari. Oleh karena itu, terdapat beberapa rumus persamaan untuk menghitung jumlah kalori yang diperlukan tubuh dengan mempertimbangkan berat badan, tinggi badan, usia, dan faktor aktivitas. Rumus persamaan untuk menghitung jumlah kalori pada laki-laki= [66.5 + 13.8 (berat badan dalam kg) + 5 (tinggi badan dalam cm) – 6.8 (umur dalam tahun)] x faktor aktivitas fisik, sedangkan rumus persamaan untuk perempuan adalah = [655 + 9.6 (berat badan dalam kg) + 1.9 (tinggi badan dalam cm) – 4.7 (usia)] x faktor aktivitas fisik.

Jenis aktivitas fisik Faktor aktivitas fisik
Sedentary (sedikit/tidak berolahraga, duduk) 1.2
Aktivitas ringan (olahraga ringan 1-3 hari/minggu) 1.3
Aktivitas sedang (olahraga sedang 3-5 hari/minggu) 1.5
Aktivitias tinggi (olahraga berat 6-7 hari/minggu) 1.7
Sangat aktif (atlit, buruh) 1.9

Contoh, wanita berusia 25 tahun memiliki berat badan 45 kg dan tinggi badan 150 cm. Sehari-hari ia bekerja di kantor sebagai sekretaris. Kebutuhan kalori wanita tersebut adalah = [655 + (9.6×45) + (1.9×150) – (4.7×25)] x 1.2 = 1,505 kkal.

Selain itu, terdapat cara lain yang lebih singkat untuk mengukur jumlah kalori yaitu dengan mengalikan berat badan (dalam kg) dengan angka 30-35 kkal/kg. Contoh, seorang wanita memiliki berat badan 45 kg, maka jumlah kalori yang dibutuhkan adalah 35 kkal/kg x 45 kg = 1,575 kkal. Persamaan ini berlaku secara umum untuk orang yang sehat dan memiliki berat badan dalam kategori normal. Apabila ingin menurunkan berat badan, disarankan untuk mengurangi 500 kkal per hari dari hasil perhitungan kalori di atas. Sebaliknya, apabila ingin menaikkan berat badan, disarankan untuk menambahkan 500 kkal per hari dari hasil perhitungan jumlah kalori.

Dengan demikian, pastikan jumlah kalori yang dikonsumsi sudah sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Konsumsi beragam makanan dari berbagai kelompok pangan seperti yang disarankan oleh Departemen Kesehatan RI dalam Pedoman Umum Gizi Seimbang. Departemen Kesehatan RI telah mengembangkan “Piring Makanku” sebagai panduan porsi dalam sekali makan.

Foto: gizi.depkes.go.id

Selain mengatur pola hidup untuk mendapatkan hidup yang sehat, agar tetap hidup sehat sangat penting mengatur jadwal makan, disarankan untuk makan tepat waktu untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Menjaga gula darah agar tetap stabil akan mengurangi risiko diabetes dan membantu menjaga berat badan ideal.

“Memilih makanan yang akan dikonsumsi akan sangat mempengaruhi jumlah kalori yang akan diserap oleh tubuh. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, beragam, dan berimbang, serta olahraga teratur untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar” tutup Junaida.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top