Tips Memilih Kosmetik Aman Untuk Kulit

Tips Memilih Kosmetik Aman

Indonesiantoday: Tips – Kosmetik sudah menjadi kebutuhan setiap hari, khususnya bagi kaum hawa. Sampo, pasta gigi, maupun sabun mandi juga termasuk kosmetik yang perlu aturan tertentu dalam menggunakan agar tidak membahayakan penggunanya.

Secara ilmiah, kosmetik didefinisikan sebagai bahan atau sediaan yang digunakan pada bagian luar tubuh manusia atau gigi dan mukosa mulut untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan dan/atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi yang baik.

Yuuk..!! Cermati dulu tips apa saja yang perlu diperhatikan ketika membeli dan menggunakan kosmetik:

1. Cermat ketika memilih produk.
Dengan inovasi yang tinggi saat ini satu produk kosmetik bisa mengeluarkan banyak varian, misalnya shampoo terdapat varian anti hairfall, anti ketombe, anti kusam, khusus untuk yang berhijab maupun khusus untuk rambut dengan pewarnaan, dan masih banyak lagi. Pastikan untuk membaca manfaat dari tiap produk dan sesuaikan dengan kebutuhan agar membantu kita mendapatkan hasil yang maksimal. Tips: Jangan mudah terbujuk iklan yang berlebihan, yang nyatanya belum tentu sesuai dengan kebutuhan personal.

2. Cermat membaca informasi yang tercantum pada label dan kemasan.
Perhatikan informasi yang tersedia pada label seperti cara penggunaan, kegunaan, komposisi, tanggal kadarluasa atau peringatan lain (bila ada), serta nomor notifikasi yang tercantum pada kemasan. Tips: waspada kosmetik palsu, selalu pastikan kosmetik teregistrasi bila perlu lalukan pengecekan di cekbpom.pom.go.id (untuk produk yang beredar di Indonesia)

3. Cermat dalam menggunakan kosmetik.
Ketika kosmetik sudah teregistrasi, bukan berarti aman 100%. Kosmetik harus digunakan sesuai petunjuk kegunaan untuk memberikan hasil yang aman dan sesuai harapan. Selain itu, pada kondisi kulit yang sensitif, kosmetik bisa saja menimbulkan iritasi seperti gatal maupun kemerahan, jika hal ini terjadi segera hentikan penggunaan.

Tips: bagi yang memiliki kulit sensitive, saat memilih kosmetik yang ditujukan digunakan di kulit, dapat memilih produk dengan label “dermatology tested” untuk meminimalisir kemungkinan iritasi yang terjadi.

Penting: Jika Anda sedang hamil, sebaiknya konsultasikan pemilihan kosmetik yang aman ke dokter kandungan atau dokter kulit terutama pada penggunaan krim kecantikan.

Kosmetik merupakan produk yang kita gunakan setiap hari dalam jangka panjang. Penting untuk memilih yang benar-benar aman dan sesuai. Semoga setelah membaca artikel ini dapat memilih kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Sumber : pom.go.id

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top