TKI Korea Jalani Ramadhan dengan Berbagai Pelatihan

TKI Korea Jalani Ramadhan dengan Berbagai Pelatihan

Indonesiantoday: Korea – Sejak berdiri tahun 2010, Universitas Terbuka (UT) Pokjar Korea, saat ini jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang melanjutkan pendidikan di UT Korea mencapai 350 pelajar dengan berbagai bidang ilmu yang diminati. Demikian disampaikan Prof. Tian Belawati Rektor Universitas Terbuka.

Menurut Prof Tian, dari data yang dimiliki UT, jumlah mahasiswa UT di Korea merupakan jumlah mahasiswa peringkat kedua terbanyak setelah UT di Malaysia, dan sebagian besar mahasiswa nya merupakan TKI yang bekerja di Korea.

“Minat TKI di Korea cukup tinggi untuk melanjutkan pendidikan, dasar inilah yang menjadikan UT hadir di Korea. Dari berbagai jurusan yang tersedia Ekonomi merupakan jurusan yang paling diminati,” ungkap Prof Tian saat dihubungi indonesiantoday.id.

Sementara itu Syarif Hidayat, Koordinator UT untuk Pokjar Korea menjelaskan, tenaga kerja Indonesia di Korea merupakan SDM yang sangat produktif, khususnya TKI yang melanjutkan studi di UT. Mereka juga memiliki Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM UT Korea) yang merancang berbagai kegiatan yang sangat produktif.

TKI Korea Jalani Ramadhan dengan Berbagai Pelatihan

Untuk Ramadhan 2017 ini, berbagai kegiatan pelatihan telah dipersiapkan. Yang akan datang akan berlangsung pelatihan budidaya ikan, pelatihan computer, pelatihan entrepreneurship, dan masih banyak lagi pelatihan lainnya. Semua kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya keterampilan TKI jika kelak kembali ke tanah air.

“Kegiatan ini sepenuhnya merupakan ide dari teman-teman TKI kita yang kuliah di UT, untuk narasumber biasanya kami datangkan dari mahasiswa Indonesia yang sedang melanjutkan studi S2/S3 di Korea dan trainer-trainer dari Indonesia. Pelatihan ini juga dibuka untuk umum, siapa saja boleh ikut serta dalam kegiatan ini, ” jelas Syarif.

TKI Korea Jalani Ramadhan dengan Berbagai Pelatihan
Suasana Pelatihan Komputer TKI Indonesia di Korea

Panitia sengaja memilih bulan Ramadhan, sekaligus untuk mengisi akhir pekan dengan kegiatan produktif sambil menunggu datangnya waktu berbuka puasa. Dengan mengeluarkan nilai sebesar 7000 Won / 75 Ribu rupiah, TKI mendapatkan ilmu baru melalui pelatihan dan kelak dapat dibawa pulang saat masa kontrak kerja mereka usai di Korea.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top