Melirik Aktifitas Ramadhan di Lakemba Mosque

Lakemba Mosque

Foto: en.wikipedia.org

Indonesiantoday: Sydney – Masjid Lakemba adalah masjid pertama yang dibangun di Sydney dan terletak di pinggiran Lakemba, Sydney. Masjid ini dimiliki dan dikelola oleh Asosiasi Muslim Lebanon (LMA). Pembangunan masjid yang dimulai pada 1972 hingga 1977 ini membuatnya terkenal, karena sekitar setengah dari dana pembangunan berasal dari Timur Tengah, dan sumbangan terbesar berasal dari keluarga kerajaan Saudi.

Saat Ramadhan tiba, masjid akan buka hingga jam 10 malam, masjid ini selalunya dipenuhi oleh jamaah yang ingin beribadah.

Dwi Amelia salah seorang WNI di Sydney mengaku merasakan indahnya Ramadhan di Sydney dengan berbagai komunitas muslim dari berbagai negara. Pengakuannya, saat ramadhan tiba masjid Lakumba memang selalu ramai umat islam yang beribadah. Bahkan jamaah yang sholat sampai di luar masjid.

“Kalau taraweh di Masjid ini, saya dan keluarga harus datang lebih awal agar mendapatkan parkir kendaraan dan memilih shaf untuk sholat,” ungkap wanita asal Medan kepada indonesiantoday.id.

Dijelaskannya, bulan ramadhan di Sydney adalah bulan yang spesial dibandingkan bulan lainnya. Di beberapa lokasi tertentu banyak bazar makanan halal yang disediakan, termasuk juga jajanan ramadhan makanan khas Indonesia.

Di masjid Lakemba biasanya bergantian Ustadz yang menjadi Imam, kadang ada dari Indonesia dan juga Ustadz asal Lebanon.

“Masjid selalu full jamaah sampai kadang sholat di luar masjid. Salutnya polisi menjaga keamanan agar ibadah dapat dijalankan dengan tenang. Lahan parkir juga disediakan. Padahal kalau bukan bulan ramadhan kawasan sekitar masjid gak boleh digunakan untuk parkir,” ungkap Amel yang sudah puluhan tahun hidup di Sydney.

Kawasan sekitar Lakemba Sydney memang sangat berbeda ketika ramadhan tiba, selain banyak tersedia berbagai menu berbuka puasa khas dari berbagai negara muslim di lokasi ini juga banyak pedagang makanan Indonesia. Selain Lakemba lokasi yang menjadi favorit dan ramai pengunjung lainnya adalah Asia market. Supermaket ini dikenal dengan makanan halalnya. Termasuk juga makanan khas Indonesia. Selain WNI masyarakat Muslim selalu menjadikan Asia market sebagai pilihan tempat berbelanja keperluan makanan. Saat Ramadhan tiba biasanya Asian market akan lebih ramai pengunjung.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top