Melihat Pentingnya Tradisi Perayaan Hanami Bagi Masyarakat Jepang

Melihat Pentingnya Tradisi Perayaan Hanami Bagi Masyarakat Jepang

Foto: voyjer.com

Indonesiantoday: Kyoto – Hanami adalah tradisi yang telah dilakukan semenjak abad ke-18. Perayaan menyambut musim semi dan mekarnya bunga sakura ini awalnya dilakukan oleh Toyotomi Hideyoshi, tokoh panglima perang dan pemersatu Jepang, sudah menginisiasi perayaan Hanami mewah pada tahun 1598 di Kyoto.

Mekarnya bunga sakura juga merupakan lambang kebahagiaan bagi warga Jepang. Umumnya tradisi Hanami berlangsung di pegunungan atau beberapa taman di Jepang bersama keluarga, teman maupun kelompok-kelompok lain.

Perayaan Hamani 2017 ini, Asosiasi Persahabatan Jepang Indonesia (APJI) Kyoto bersama Persatuan Pelajar Indonesia Kyoto Siga merayakan Hamani di Pacifik Hils salah satu Kuil indah di Kyoto. Ratusan masyarakat Indonesia yang tergabung dalam APJI dan juga Pelajar Indonesia di kawasan Kyoto Siga ikut hadir dalam acara ini.

Adhi Priamarizki Ketua persatuan pelajar Indonesia di Kyoto Siga mengaku bahwa acara Hanami menjadi peluang bagi WNI untuk lebih mengenal dan menguatkan silaturahmi masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang khususnya di Kyoto.

“Perwakilan Pelajar di Kyoto Siga ini menaungi banyak Universitas yang memiliki mahasiswa Indonesia, Hanami merupakan salah satu ajang untuk kami dapat berkumpul dan saling kenal sebagai WNI di perantauan,” ungkap Adhi.

Melihat Perbedaan Waktu Mekarnya Bunga Sakura di Jepang (Japan Meteorological Corporation):

1. Hokaido: Masyarakat Jepang di kota ini mendapat kesempatan paling akhir pada 2017 ini menyaksikan mekarnya bunga sakura. Perayaan Hanami tahun ini dimulai dari akhir April hinga pertengahan Mei 2017. Taman Maruyama Sapporo Hokaido adalah salah satu lokasi pilihan favorit untuk menyaksikan keindangan sakura.

2. Aomori: Di kota ini buka sakura bermekaran pada minggu ketiga di bulan April masyarakat kota ini biasanya datang Danau Towada salah satu lokasi wisata yang tepat untuk menyaksikan keindahan bunga sakura.

3. Kyoto, Osaka, Nagoya dan Hirosima: Dua kota ini untuk tahun 2017 memiliki waktu yang sama untuk menyambut perayaan Hanami. Akhir bulan Maret hingga minggu pertama di bulan April masyarakat Jepang akan menyediakan waktu khusus untuk menyambut Hanami.

4. Fukuoka dan Tokyo: Jarak tempuh Fukuoka ke Tokyo memakan waktu sekitar 12 jam. Meski memiliki jarak tempuh yang cukup jauh, tetapi dua kota ini mendapat kesempatan menyaksikan mekarnya sakura dengan waktu yang sama. Dua kota ini merupakan waktu yang paling awal untuk perayaan Hanami yaitu minggu kedua Maret.

Sumber: ([REKO] – Hanami Festival, Festival menyambut Spring di Jepang)

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top