Pekan Ramadhan Indonesia di Paris

Pekan Ramadhan Indonesia di Paris

Indonesiantoday: Prancis – Perhimpunan Masyarakat Islam Indonesia Prancis (PERMIIP) bersama Dompet Dhuafa (DD) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris, di Prancis mengadakan berbagai program untuk memeriahkan bulan Ramadhan 1438 H. Salah satu programnya adalah Dai ambassador, yaitu program dakwah dari Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) yang ditujukan untuk masyarakat Islam di luar negeri.

Kegiatan lain yang paling dinanti masyarakat Indonesia di Prancis adalah berbuka puasa bersama yang berlangsung di ruang Sasana Budaya, KBRI Paris.

Kegiatan dimulai dengan pengajian dan ceramah pada pukul 20.00 Central European Time (CET) membahas kitab Al-Hikam oleh ustadz Arrazy Hasyim dari Dompet Dhuafa, yang juga merupakan Dosen Teologi dan Filosofi Islam di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ayub Elfikri, mahasiswa Ecole Doctorale en Droit et Relations entre Religions et Etats (hukum dan relasi antar agama dan negara) di Université Paris XI – Faculté Jean Monnet, mendapat kesempatan menjadi moderator dalam kegiatan ini. Ayub memandu tanya jawab seputar materi dan hal-hal umum terkait Islam.

“Kegiatan ini mendapat respon sangat baik dr WNI yang hadir, usai ceramah peserta menikmati hidangan berbuka dan menjalankan sholat Maghrib berjamaah,” jelas Ayub.

Pekan Ramadhan Indonesia di Paris
Kegiatan yang terbuka untuk umum ini mendapat respon sangat baik dari WNI khususnya mahasiswa Indonesia di Prancis karena dapat mencicipi makanan Indonesia yang beragam serta suasana Ramadhan ala Indonesia.

Sehubungan dengan waktu berbuka di Prancis yang sedikit larut, yaitu hampir pukul 10 malam, maka sebagian besar pulang pada sekitar pukul 23.00 dan melanjutkan kegiatan Sholat Isya dan Tarawih di rumah masing-masing.

“Alasan penyiapan program ramadhan di Paris antara lain ialah sebagai wadah silaturahmi warga muslim Indonesia sekaligus menyemarakkan bulan suci dengan belajar ilmu bersama seorang Ustadz dari tanah air. Harapannya ialah agar masyarakat muslim di Paris dan sekitarnya dapat memanfaatkan program Ramadhan Permiip untuk beribadah sebaik-baiknya serta bersilaturahmi, saling menolong dan menjalin persaudaraan antar sesama muslim.” Ujar Teuku Zulkaryadi, ketua PERMIIP sekaligus perwakilan KBRI Paris.

Kegiatan-kegiatan lainnya adalah pengajian Perempuan setiap Selasa dan Kamis pukul 13.00 – 15.00, Pengajian Remaja setiap hari Jumat pukul 18.00, Kajian Hikmah Al-Hikam dan Asmaul Husna setiap hari kerja pukul 18.00 (didahului shalat Ashar berjamaah). Antusias masyarakat muslim Indonesia terlihat pada banyaknya jumlah peserta yang menghadiri program-program tersebut serta bantuan materil, makanan maupun moril yang diberikan dengan cukup berlimpah.

“Alhamdulillah program Dai Ambassador DD Permiip diterima dengan antusias oleh masyarakat Muslim Indonesia di Prancis. Meskipun Dubesnya non-Muslim, tapi sangat positif dalam mensupport dakwah Islam yang universal dan rahmatan lil ‘alamin.” ujar Arrazy Hasyim, pemateri sekaligus perwakilan Dompet Dhuafa.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top