Konser Pianofolk Indonesia di Paris

Pianofolk Indonesia

Indonesiantoday: Prancis – Indonesia Piano Art (IPA) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris mengadakan konser “Pianofolk Indonesia” pada hari Kamis, 29 Juli 2017 lalu  di Paris.

IPA adalah salah satu institusi yang dibentuk pada tahun 2008 untuk memberikan pelatihan dan pendidikan piano bagi anak-anak muda Indonesia dengan standar internasional. Metode belajar, kurikulum, pengajar serta pengalaman-pengalaman didapatkan siswa melalui keikutsertaan di ajang internasional.

Pada bulan Juni lalu, IPA berkunjung dan menjalakan pelatihan di Paris, Prancis. “IPA Europe Pianorama 2017” menjadi ajang untuk menambah pengalaman siswa. Sebelumnya pada 2008 program serupa pernah digelar. Program ini bertujuan untuk mempersembahkan musik tradisional Indonesia melalui piano dengan memberikan sentuhan budaya dan sejarah musik Eropa.

Antoine Bouvy dan Frederic Nicholas d’Oria, dua orang pianis terkenal di Prancis memberikan Master class beberapa kali di Paris dan Jakarta bersama dengan IPA. Selain beliau, ada 2 orang visiting Professors dari Prancis dan Jepang secara regular berkunjung untuk mengajar di Indonesia, yaitu Patrick Zygmanoswsky (penghargaan pemerintah Prancis: Le Beau Arts) dan Tamayo Ikeda (pengajar di Ecole Normale de Musique de Paris Alfred Cortot).

Pianofolk Indonesia
2 orang murid sedang memainkan piano (foto: Dhafi Iskandar)

“Indonesia sangat kaya akan keragaman dan budaya. Lagu-lagu ini kami mainkan sebagai persembahan musik dengan cita rasa internasional dan tradisional Indonesia. Bahwa musik Indonesia dapat dimainkan dalam bentuk piano beserta variasinya.” Tutur Wisnu S. Soedibjo, Ketua Dewan Penasihat sekaligus Pendiri IPA.

Terdapat sebanyak 25 lagu yang dibawakan dan 15 di antaranya merupakan lagu daerah dan nasional Indonesia. Dan 10 lagu merupakan lagu-lagu klasik dari Eropa, yang dimainkan oleh 17 orang murid yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Jawa, Sumatera Utara, Maluku, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara, dll.

“KBRI Paris sangat senang dan antusias menjadi tuan rumah konser IPA. Duta Besar Prancis sempat bertemu dengan para pianis dan sangat terkesima karena mereka masih muda-muda tetapi sangat berbakat. Kami berharap agar lawatan siswa dan orangtua dapat memberikan manfaat tidak hanya kepada IPA tetapi juga kepada para pianis muda. Langkah awal dari upaya besar untuk menghasilkan pianis Indonesia yang handal,” Ujar Agung kurniadi, Wakil Duta Besar RI untuk Prancis, Monako dan Andora.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top