Atdikbud Hadiri Proses Seleksi Calon Pembina Pramuka Gudep KBRI Kuala Lumpur

Gudep KBRI Kuala Lumpur

Indonesiantoday: Malaysia – KBRI Kuala Lumpur Rabu 19 Juli 2017 menggelar proses seleksi calon pembina pramuka. Dijelaskan Kamabigus Prof Ari Purbayanto, proses seleksi calon Pembina Pramuka sangatlah penting untuk mendapatkan calon Pembina Pramuka yang memiliki komitmen dan menguasai materi dalam mendidik peserta didik Pramuka di gugusdepan luar negeri.

“Mengingat Gudep kita berada di luar negeri, proses seleksi dan penyaringan calon pembina harus dilakukan dengan lebih selektif untuk memastikan calon pembina memiliki komitmen tinggi dalam membangun karakter anak bangsa” ungkap Ketua Harian Mabigus Gudep 001/002 KBRI Kuala Lumpur saat memberi arahan dalam acara pembukaan proses seleksi Pembina Pramuka Gudep.

Lebih lanjut dijelaskannya, peran Pembina Pramuka sangat mempengaruhi karakter peserta didik. Sehingga selain berkomitmen tinggi, diharapkan kepada calon pembina memiliki wawasan yang luas dan kecakapan tertentu untuk menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam kependidikan kepramukaan.

Dalam proses seleksi tersebut, sebanyak 27 orang calon pembina mengikuti seleksi dengan dua tahap. Tahap pertama seleksi dijalankan dengan tes tertulis yang kendalikan oleh Drs. H. Agustinus Suharto M.Pd sebagai anggota Mabigus Gudep KBRI Kuala Lumpur.

Menurut Ka Agus, secara teknis seleksi ini penting guna menjalankan tertib administrasi dan menyeleksi calon pembina yang bertanggungjawab serta faham kebutuhan-kebutuhan peserta didik. Sedangkan tahap kedua dikendalikan oleh Ka Joko (Ka Gudep Putra) dan Ka Elly (Ka Gudep Putri) yang dalam menjalankan proses seleksinya dilakukan wawancara lisan kepada setiap calon pembina. Menurutnya, proses wawancara lisan dapat memberi gambaran secara utuh akan minat, motivasi, dan kesiapan calon pembina untuk mengabdi secara sukarela melalui kegiatan kepramukaan.

“Diharapkan dengan proses seleksi ini, Pembina Pramuka yang terpilih akan dapat melanjutkan kesinambungan kinerja Gudep, selama ini sudah baik melalui komitmen dan tanggungjawab yang akan dipikul. Perubahan zaman yang pesat saat ini memerlukan Pembina Pramuka yang kreatif, berwawasan, dan menjadi teladan yang baik kepada peserta didik” ungkap Ka Joko usai pelaksanaan proses seleksi.

Rencananya dari 27 orang calon pembina akan dilakukan penyaringan dan seleksi menjadi 16-20 orang Pembina Pramuka terpilih untuk dibagi kepada setiap golongan pembinaan. Menurut rencana hasil kelulusan akan disampaikan selambat-lambatnya minggu depan. Gudep Pramuka 001/002 KBRI Kuala Lumpur merupakan satu dari tiga Gudep Pramuka yang berada di Malaysia. Selain Kuala Lumpur, terdapat Gudep Pramuka di Johor Bahru dan Kota Kinabalu. Kegiatan Pramuka Gudep dapat diikuti oleh seluruh warganegara Indonesia berusia 7 – 25 tahun yang berdomisili di sekitar pangkalan Gudep terdekat. (Dw)

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top