Pengobatan Biasa yang Luar Biasa ‘Foot Hydrotherapy’

Terapi air
Sumber foto dari kneipp.com

Indonesiantoday: Terapi air merupakan salah satu cara pengobatan tubuh yang memanfaatkan air sebagai medium penyembuh. Terapi air telah menjadi cara yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah dan memicu pembuangan racun.

Walaupun terapi ini halus dan terkesan sederhana, namun memiliki manfaat kesehatan yang amat besar. Hingga kini, hydrotherapy seringkali digunakan dalam metode penyembuhan di klinik dan tempat pemandian air panas di Eropa.

​Vincent Priessnitz (1799-1852) merupakan salah satu orang yang berperan besar dalam perkembangan terapi air. Konon kisahnya, ketika berusia tujuh belas tahun, Ia mengalami kecelakaan sangat parah dan divonis medis tidak akan pulih dari patah tulang iganya.

Namun ternyata, dengan memanfaatkan terapi air, pria ini dapat sembuh seperti semula. Sejak peristiwa inilah terapi air menjadi sangat terkenal.

​Dr. Nur Amalina Diana Marini, Dokter di RSUD Majenang membenarkan efektifnya pengobatan dengan medium air untuk pemulihan penyakit. “Terapi ini memang bagus untuk pengobatan secara alami, tetapi harus diperhatikan kondisi pasien itu sendiri. Rendaman air dingin biasanya pada kasus kaki lebam, semisal biru-biru setelah olahraga futsal. Dan yang dianjurkan sebenarnya dengan es batu yang dilapisi kain, kalau tidak ada es batu bisa diganti dengan air dingin, sedangkan air hangat digunakan jika kaki mengalami peradangan seperti merah dan bengkak,” pungkasnya.

Lebih lanjut disarankannya, terapi ini perlu menyesuaikan kondisi tubuh masing-masing, karna pada dasarnya sistem regulasi suhu setiap orang itu berbeda-beda.

Terapi air ini ternyata juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan insomnia, melegakan penyumbatan pernafasan, dan juga menghilangkan sakit kepala. Intensitas terapi air ini dapat disesuaikan dengan kondisi, jika penyakitnya sudah akut, dapat dilakukan satu sampai dua kali dalam sehari, dan satu kali sehari kalau penyakitnya masih ringan.

Langkah- langkah terapi air

1. Duduklah dengan nyaman di kursi atau dipan sembari merendam kaki dalam air hangat (diperhatikan suhunya untuk anak-anak) selama lima hingga sepuluh menit.
2. Angkat kaki anda, lalu keringkan.
3. Pakaikan kaos kaki kapas yang telah direndam air dingin dan diperas di kaki anda.
4. Lapisi lagi dengan kaos kaki wol (atau kaos dari kapas apabila wol tidak tersedia).
5. Pakailah selama setengah jam atau lebih. Sekarang anda dapat beristirahat dengan nyaman bahkan dapat tidur dengan kaos kaki yang masih terpakai.

Cara kerja terapi air ini sangat sistematis, yaitu penggantian dari air hangat ke dingin dapat meningkatkan jumlah sel darah putih, sistem kekebalan untuk membantu melawan infeksi-infeksi, selain itu juga mampu memperlancar peredaran darah ke organ- organ pencernaan dan organ-organ pembuangan yang lain.

Anda juga dapat mengusir sakit kepala hanya dengan merendam kaki dengan air hangat dan melingkarkan satu wadah es di leher anda. Perpaduan panas dan dingin ini mampu membuat darah tidak hanya mengalir pada daerah kepala namun juga turun ke kaki. Itulah yang menghilangkan penyumbatan dan sakit kepala.

Terapi air lebih aman dan sangat sederhana untuk pencegahan penyakit semakin parah, pengobatan yang terkesan “biasa” ini dapat memberikan efek luar biasa pada kehidupan kesehatan anda.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top