Tarian Gending Sriwijaya Tampil Memukau Penonton di Irlandia

Tarian Gending Sriwijaya

Indonesiantoday: Dublin – Sabtu 21/10/2017 lalu, Indonesia kembali bersinar dalam ajang internasional U-Fest an Enterprise Fair and a Festival of Arts and Culture yang digelar di kota Dublin Ibukota Irlandia.

Erna Tri Wahyuni O’Connel salah satu pendiri Sanggar Tari Matahari sekaligus pelatih tarian Indonesia di Dublin menjelaskan, penampilan tarian Indonesia oleh sanggar Tari Matahari ini bukan kali pertama, sebelumnya berbagai pertunjukan pernah dilakoni penari sanggar matahari. Salah satunya di ajang “Wonderful Indonesia” yang disponsori Kementerian Pariwisata Indonesia.

“Setelah penampilan kemarin kami ditawari untuk involved karena mereka pernah lihat performance kami di acara Asian Irish Festival dan mereka terpesona dengan kostum dan keanggunan gerakan tarinya Gending Sriwijaya yang kami tampilkan. Secara pribadi tawaran ini merupakan sebuah kebahagiaan ketika tarian Indonesia mendapat tempat di hati masyarakat Irlandia,” pungkasnya.

Tarian Gending Sriwijaya
Panampilan tari Gending Sriwijaya pada acara U-Fest an Enterprise Fair and a Festival of Arts and Culture

Sejumlah tim yang terlibat dalam tarian asal kota Palembang ini adalah, Inne wirayanti, Mohammad falih yusuf, Callista Nabila Zakira, Rafi sajid adhiputra, Aziza shakila clarissa, Bariza Shaina Bernice, Erna Tri Wahyuni O’Connel, Okky Tiarani Rahayu dan Elsa Wagolebo, Rafi Sajid Adiputra dan Muhammad Faalih Yusuf.

Menurut pengakuan Erna, sanggar Tari Matahari banyak belajar dari youtube, dan setiap kali pulang ke Indonesia, Ia menyempatkan diri untuk belajar private berbagai tarian khas tradisional Indonesia.

“Salah seorang guru saya berasal dari sanggar tari Yudha Asri, di sanggar ini juga saya membeli kostum untuk dibawa saat kembali ke Irlandia. Selama tiga tahun terakhir kami selalu terlibat dalam acara Asian Irish Festival ini. Dan kami bangga dapat memperkenalkan tarian Tradisional Indonesia. Selain tarian Gending Sriwijaya sejumlah tarian lainnya seperti Tari Melayu Mak Inang, Tari Lenggang Nyai, dan berbagai tarian Indonesia lainnya sudah kami tampilkan,” Jelas Erna WNI yang sudah cukup lama tinggal di Irlandia.

Tarian Gending Sriwijaya
Stand Indonesia yang menyediakan makanan khas Ibu Pertiwi

Usaha untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia di negara ini tumbuh subur dan dilakukan atas inisiatif pribadi pelajar Indonesia. Selain menampilkan tarian Indonesia event ini selalunya mempromosikan makanan khas Indonesia seperti mie bakso, nasi bakar bungkus, rendang.

Sejumlah negara lainnya juga terlibat menampilkan tarian dan kebudayaan khas mereka. Diantara negara yang tampil adalah Bolivia dengan Cultural Dance, Philippine dengan Singing, Nigeria dengan Arabic Singing Group, Congo dengan Freestyle Dancer, Migrant Communities dengan i-Smile Drama Group, Hungarian Culture Group dengan Designed a Visual Art, India, Irish.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top