Golden Anniversary Sekolah Indonesia Davao Tingkatkan Layanan Mutu Pendidikan

Sekolah Indonesia Davao

Indonesiantoday.id: Davao, Filipina, menyambut hari jadinya ke 50 Februari 2018, Sekolah Indonesia Davao (SID)-Filipina telah melakukan berbagai capaian khususnya dalam upaya meningkatkan layanan mutu pendidikan dan Promosi kebudayaan Indonesia bagi putra-putri Warga Negara Indonesia (WNI) di Filipina.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno P Marsudi pada lawatannya kerjanya di SID Januari lalu menyampaikan. Upaya peningkatan mutu layanan kepada WNI meliputi kegiatan proses belajar mengajar di dalam dan di luar kelas, kegiatan ekstra kurikuler juga pengembangan kerjasama baik antara SID dengan sekolah mitra di Davao city maupun lembaga pendidikan tinggi yang berada di Filipina dan di Indonesia.

“Besar harapan saya agar upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di SID dapat terus ditingkatkan, termasuk misi promosi kebudayaan Indonesia di Filipina khususnya Davao, saya menghimbau semua pihak bergandeng bahu mewujudkan hal ini,” Pungkas Menlu dalam kunjungan kerja tersebut.

Menyambut himbauan Menlu tersebut, 5 Februari 2018 SID mendapat kesempatan dikunjungi Heartwork Learning Center Filipina bersama 80 siswa setingkat SD dan SMP dengan didampingi kepala sekolah Mr. Dave G Curada serta Direktur HLC, Inc, Mr. John Stehen G Curada, PhD.

Konsul Jenderal RI untuk Davao City, Berlian Napitupulu selalu memberikan dukungan terhadap kegiatan-kegiatan SID khususnya dalam bidang soft diplomasi, terutama dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.

“Tugas kami selain menjadi wakil bagi masyarakat Indonesia di Davao adalah untuk memastikan semua WNI bersama-sama untuk menjaga citra SID dan juga nama baik Bangsa Indonesia,” ungkapnya

Sekolah Indonesia Davao
Menlu Retno P. Marsudi saat berkunjung ke Davao.

Kunjungan tersebut disambut dengan berbagai rangkaian pagelaran seni budaya dan kuliner khas kedua negara yang ditampilkan oleh siswa dari masing-masing sekolah dengan meriah. Kegiatan ini mendapatkan full support dari KJRI Davao City.

Sementara itu Kepala Sekolah SID Drs. H Agus M.Pd pada 13 Februari kemarin SID juga mendapat kepercayaan dari dua lembaga tinggi di Davao, Mindanao Kokusai Daigaku (MKD) memberikan peluang 2 mahasiswa jurusan Bahasa inggris untuk melaksanakan OJT. dan 1 orang mahasiswa jurusan psychology dari Ateneo de Davao university.

“Ini merupakan peluang kerjasama yang sangat baik, pada 7 Februari lalu siswa SMA SID juga mendapat kesempatan melakukan kunjungan ke University of Mindanao yang difasilitasi oleh KJRI Davao. Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Konjen RI untuk Davao City Berlian Napitupulu,” tambah Kepala Sekolah.

Semua yang berangkat OJT ini merupakan uru PPL di SID, salah satunya mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Al-Hikmah Surabya, AH Khuzaini, dilepas kepala sekolah untuk PPL ke Philippine Nikkei Jin Kai International School di Davao City.

Dijelaskan Kepala Sekolah SID saat melepas Khuzaini dalam kegiatan PPL yang berlangsung selama dua minggu bahwa, kegiatan ini untuk memenuhi mata kuliah Keterampilan abad 21, dimana mahasiswa STKIP Al-Hikmah diwajibkan untuk mengobservasi dan praktek mengajar pada sekolah di Luar Negeri selama kurang lebih dua minggu.

“Ini kali kedua SID memfasilitasi mahasiswa STKIP Al-Hikmah untuk mengobservasi dan mengajar pada Philippine Nikkei Jin Kai International School. Sebelumnya, pada Desember tahun lalu, SID juga berhasil memfasilitasi Imam Azhil mahasiswa jurusan pendidikan Matematika STKIP Al-Hikmah untuk program yang sama,” jelasnya lebih lanjut.

Kepala Sekolah meminta kepada mahasiswa STKIP Al-Hikmah untuk selalu bersikap ramah dan sopan selama di Philippine Nikkei Jinkai. selalu mengatakan bahwa tugas kita di Davao adalah untuk mewakili, melindungi, mempromosikan segala aktifitas masyarakat Indonesia.

Penulis: Nanang Sumang Davao, Editor: Dewi
Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top