KBRI Tunis Promosi Hasil Kerajinan Indonesia di SEF

KBRI Tunis
KUAI KBRI Tunis foto bersama Leila Ben Salah Abid dan Anouar Triki dan para tamu undangan lainnya 15 Februari 2018 (dok. KBRI Tunis)

Indonesiantoday.id: Tunisia – Sejumlah hasil kerajinan tangan asal Indonesia ditampilkan di Tunisia. Pameran yang digelar oleh Salon des Entreprises Feminines (SEF) ini berlangsung selama sepekan 13-18/02/18.

Sejumlah negara lainnya juga turut serta menampilkan hasil kerajinan yang diprakarsai oleh ikatan Pengusaha wanita di Tunisia ini.

Pameran ini menampilkan hasil karya para pengusaha wanita yang bergerak di bidang kerajinan tradisional, produk kecantikan dan industri lainnya se-Tunisia.

KBRI Tunis
Ketua DWP KBRI Tunis Atika Nusa Bhakti sesaat sebelum pameran dimulai (dok. KBRI Tunis)

Dharma Wanita Persatuan KBRI Tunis mengambil kesempatan dengan memperkenalkan sektor pariwisata dan aneka macam makanan khas Indonesia.

Sementara itu beberapa negara lain yang turut berpartisipasi dalam acara ini di antaranya ada Republik Kongo, Turki, Palestina dan Swiss turut serta menampilkan hasil kerajinan khas negara mereka.

Sebanyak 70 peserta pameran dari pengusaha wanita di Provinsi Sfax ini mengambil kesempatan dengan promosi produk dan bertukar informasi serta saling menggali potensi untuk meluaskan pemasaran produk mereka.

Président Union Tunisienne de l’Industrie, du Commerce et de l’Artisanat (UTICA) Asosiasi Pengusaha Tunisia untuk Industri, Perdagangan dan Kerajinan Tangan di Tunisia untuk cabang Sfax Anouar Triki menyampaikan kegembiraannya atas partisipasi Indonesia dalam acara pameran ini dan ia berniat akan mengadakan kunjungan ke Indonesia guna melihat berbagai macam peluang dari sektor pariwisata, ekonomi dan peluang lain yang dapat diperkenalkan di kedua negara.

“Kami sungguh senang sekali karena Indonesia turut berpartisipasi dalam event ini, kami berencana melakukan kunjungan ke Indonesia guna melihat potensi di sana baik dari sektor pariwisata atau ekonomi,” ucap Anouar saat dihubungi Indonesiantoday.

KBRI Tunis
Para tamu undangan turut meramaikan stan Indonesia (dok. KBRI Tunis)

Stan Indonesia juga menampilkan hasil kerajinan tangan. Dalam pameran ini, makanan-makanan khas Indonesia juga sempat menarik para pengunjung. Sebagian besar pengunjung mengunjungi both Indonesia dan mencicipi hidangan khas Indonesia yang tersedia.

Leila Ben Salah Abid selaku Koordinator Kamar Dagang Perempuan Tunisia juga menyampaikan ucapan terima kasih nya kepada perwakilan Indonesia karena telah berpartisipasi dan memenuhi undangan dari panitia sehingga memberi warna dalam acara ini.

“Dalam kesempatan kali ini kami mengajak negara-negara sahabat Tunisia, dan kami sangat senang sekali kehadiran Indonesia pada event ini memberikan warna dalam acara kami khususnya telah memperkenalkan hasil kerajinan tangan Indonesia, dan tujuan kami menyelenggarakan acara ini guna lebih mempererat hubungan diplomatik antara Tunisia dan Indonesia. Berharap pertemuan kali ini dapat terjalin lebih erat lagi,” ungkap Leila.

Sementara itu, Merita Yenni selaku KUAI KBRI Tunisia menyampaikan apresiasinya kepada pemerintahan Tunisia. Diharapkan dengan kegiatan ini hubungan Tunisia Indonesia bertambah mesra, dan semoga saja peluang usaha kedua negara semakin terbuka luas.

“Terima kasih kepada panitia yang telah mengundang Indonesia dalam pameran ini. Usai pameran ini para peserta diharapkan dapat berkunjung ke Indonesia guna melihat peluang dan potensi bisnis yang dapat dikembangkan bersama,” ungkap KUAI.

Lebih lanjut disampaikan KUAI, Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar merupakan “The Big Market” sehingga peluang untuk memasarkan berbagai produk sangatlah besar.

KBRI Tunis
Tarian Lenggang Nyai yang ditampilkan oleh para pelajar di Tunisia di hadapan tamu undangan (dok. KBRI Tunis)

Indonesia tidak hanya menyiapkan aneka macam makanan dan kerajinan tangan saja melainkan turut serta menampilkan tarian khas Indonesia yang mendapat sambutan meriah dari tamu undangan, suasana semarak dengan tepukan penonton ketika tarian Indonesia ditampilkan. Tarian Lenggang Nyai, Tarian Maumere dan yang membuat para tamu undangan ikut serta bergabung dalam tarian Indonesia adalah Tarian Poco-Poco.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top