Pramuka Indonesia Peringati Hari Baden Powell di Bukit Broga Malaysia

Pramuka Indonesia
Peserta Sunrise Hiking Pramuka Gudep KBRI Kuala Lumpur 001/002

Indonesiantoday.id: Malaysia – Minggu, 25 Februari 2018 Pramuka Indonesia di Kuala Lumpur Malaysia yang tergabung sebagai anggota Gudep KBRI Kuala Lumpur 001/002 memperingati perayaan hari kelahiran Baden Powell dengan kegiatan Sunrise Hiking di Bukit Broga Negeri Sembilan Malaysia.

Jalur berbatu yang cukup terjal dengan ketinggian 400 M berhasil disusuri dengan jarak tempuh 1 jam oleh Pramuka golongan Penegak dan Pandega Gudep KBRI Kuala Lumpur ini. Kak Joko Satria salah seorang pembina dalam rombongan tersebut mengatakan, perjalanan Hiking ini dilakukan untuk mengajarkan Pramuka menghargai alam, sebagaimana yang dilakukan Bapak Kepanduan Dunia Baden Powell.

“Adik-adik Pramuka tidak sekedar mendaki bukit Broga, sepanjang pendakian mereka banyak belajar dari alam, sebagai seorang Pramuka sejati, perjuangan untuk sampai ke puncak bukit ini menunjukkan pengamalan dari Dasa Darma Pramuka untuk mencintai alam, dalam penjelajahan ini juga setibanya di puncak kami melakukan upacara pelantikan kenaikan tingkat satuan penegak,” ungkap Kak Joko.

Perjalanan yang dimulai sekitar Pukul 05:00 Pagi ini berhasil dilalui dengan selamat. Setibanya di Puncak Bukit, Ka Joko memimpin upacara pelantikan anggota golongan penegak dengan penuh khidmat. Janji setia pengabdi kepada bangsa dan mengamalkan pancasila sebagai falsafah negara turut diucapkan. Meskipun jauh dari tanah Air, diharapkan tidak mengurangi semangat kebangsaan pemuda Indonesia untuk menjaga semangat kebangsaan mereka.

Pramuka Indonesia
Peserta Sunrise Hiking Pramuka Gudep KBRI Kuala Lumpur 001/002 (foto: indonesiantoday.id)

Ahmad Azam Al Qoyyimuddin salah seorang mahasiswa Indonesia di Islamic Internasional University Malaysia Ketua Racana Gudep KBRI Kuala Lumpur yang memimpin kegiatan Sunrise Hiking ini menjelaskan, kegiatan Hiking ini merupakan salah satu program kerja golongan usia Pandega Gudep KBRI Kuala Lumpur untuk memperingati hari kelahiran Baden Powell. Diharapkan dengan kegiatan ini peserta Hiking dapat mengambil pelajaran berharga dari alam terbuka.

“Sebagai Pramuka Indonesia, kita harus menunjukkan bagaimana sikap bertanggung jawab menjaga alam, sepanjang perjalanan kami menugaskan peserta mengutip sampah plastik yang mereka temui di sepanjang pendakian, dengan kegiatan pendakian ini sekaligus dapat dilihat bagaimana Pramuka berhasil membina kerja team dan rasa solidaritas yang tinggi kepada anggotanya,” jelas Azam.

Sementara itu Herman Sahara Ketua Gugus Depan Gudep KBRI Kuala Lumpur menyampaikan, kegiatan Hiking ini juga merupakan puncak dari perayaan Baden Powell 22 Februari 2018 lalu, sebelumnya Gudep KBRI Kuala Lumpur juga menggelar Perkemahan Jum’at Sabtu golongan Penggalang, pesta siaga dan pameran Pramuka di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur sebagai Pangkalan kegiatan Gudep KBRI Kuala Lumpur.

“Banyak yang dapat ditauladani dari Bapak Kepanduan Dunia Lord Baden Powell, kesederhanaan dan jiwa besarnya untuk membentuk karakter generasi muda dengan belajar dari alam telah inspirasi berdirinya gerakan kepanduan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Diharapkan pemuda Indonesia yang tergabung sebagai anggota Pramuka dapat mencontoh semangat Baden Powel sehingga memiliki karakter yang kuat sebagai pemuda Indonesia di Malaysia,” ungkap Herman.

Semoga semangat yang dimiliki Baden Powell dapat terus memberikan inspirasi bagi pemuda Indonesia di Malaysia dalam usaha membentuk karakter yang lebih baik lagi. Tidak saja menjaga semangat kebangsaan, tetapi juga turut serta menjadi duta bagi Indonesia dalam usaha mempromosikan Kebudayaan Indonesia.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top