Sekolah Indonesia Davao Sepakati MOA dengan IAIN Surakarta

Davao City
Foto: Berdiri dari kanan. Dr. H. Syamsul Bakri (mewakili IAIN Surakarta). Berdiri di tengah Bapak Dr. H. Mudofir (Rektor IAIN Surakarta), disebelahnya adalah Dr. Lili Nurlaili (Atdikbu KBRI Manila) & yang paling ujung adalah Bapak Berlian Napitupulu (Konsul Jenderal RI di Davao City).

Indonesiantoday.id: Davao City – Rabu, 7 Maret 2018 Sekolah Indonesia Davao menandatangani Memorandum of Agreement (MOA) antara Sekolah Indonesia Davao (SID) bersama IAIN Surakarta. Dalam kesempatan tersebut Drs. H. Agus, M. Pd, selaku Kepala SID, dan Dr. H. Syamsul Bakri, S. Ag, M. Ag, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Surakarta bersepakat untuk menjalankan MOA.

Sejumlah pejabat tinggi turut serta hadir menyaksikan penandatanganan tersebut seperti Dr. Lili Nurlaili M. Ed, selaku Atdikbud KBRI Manila, Dr. H. Mudofir, S. Ag, M.Pd selaku rektor IAIN Surakarta dan Bapak Berlian Napitulu selaku Konsul Jenderal RI di Davao City.

Dalam sambutannya Dr. Lili Nurlaili, M. ED mengatakan bahwa ini adalah pertama kali dalam sejarah SID yang akan merayakan Ulang Tahun Emasnya Agustus nanti, mengadakan penandatanganan MOA dengan IAIN Surakarta. Dikatakannya, lulusan SID juga akan diberikan beasiswa bagi alumni SID yang berminat melanjutkan pendidikan di IAIN Surakarta. “Ini adalah permulaan yang baik dan Insya Allah kedepan akan dilanjutkan dengan kerjasama lainnya di masa-masa yang akan datang” ujar Atdikbud dalam sambutannya.

Sementara itu, Dr. H. Mudofir, S. Ag, M. Pd, mewakili IAIN Surakarta mengatakan bahwa ini adalah sesuatu yang sangat membanggakan bagi keluarga besar IAIN Surakarta, IAIN Surakarta perlu bangga dapat menjadi bagian penting untuk menyambungkan dan menghubungkan siswa-siswi SID yang merupakan keturunan Indonesia di Filipina Selatan dapat bertemu dengan keluarga besarnya masyarakat Indonesia di Surakarta. “Dengan jumlah mahasiswa 14.000 mahasiswa, yang datang dari seluruh Indonesia, berharap nantinya alumni SID dapat saling mengenal Indonesia lebih dekat dan yang terpenting adalah keinginan alumni SID untuk menyumbangkan sesuatu bagi Indonesia,” ungkapnya.

Davao City
Drs. H. Agus (Kepala SID) sedang menandatangani naskah MOA,

Konsul Jenderal RI Davao City, Berlian Napitupulu menilai bahwa penandatanganan MOA antara IAIN Surakarta dengan SID merupakan jembatan yang baru dibangun sebagai penghubung yang mengantarkan alumni SID kembali ke tanah air. “Dan tahun ini ada empat alumni SID yang akan menyebrang, dan melanjutkan pendidikan di IAIN Surakarta. Diharapkan di masa-masa yang akan datang jumlahnya terus berkembang,” ungkapnya penuh harap.

Konsul Jenderal RI juga sangat mengapresiasi langkah IAIN Surakarta yang akan mengkoneksikan SID dengan perguruan-perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Kesempatan ini merupakan peluang bagi kedua pihak untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan anak bangsa dimasa yang akan datang.

Direncanakan kedepannya pihak IAIN Surakarta juga akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa Filipina dengan syarat dan ketentuan tertentu. IAIN Surakarta juga berencana akan mengirimkan mahasiswanya untuk PPL (1-2 bulan) di SID dan di sekolah Filipina yang mempunyai MOU dengan SID.

Penulis: Nanang Sumanang, Editor: Dewi Anggrayni.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top