Tips Mendapatkan Halal Food di Negeri Sakura

Halal Food

Indonesiantoday.id: Jepang – Makanan merupakan sumber energi utama untuk manusia untuk dapat beraktifitas. Untuk itu sangat penting memilih dan menjaga kualitas makanan yang akan dikonsumsi. Islam adalah satu-satunya agama yang mengatur dan sangat memperhatikan kandungan sumber makanan yang akan dikonsumsi.

Bagi mereka yang hidup di negara yang mayoritas muslim tentunya mendapatkan bahan makanan dari sumber yang halal tidak menjadi masalah. Namun bagi muslim yang hidup di negara minoritas akan menjadi masalah yang perlu disiasati agar tetap mengonsumsi makanan halal.

Seperti yang alami Wiwik Siti Rubiah Adwiah WNI asal Bandung Jawa barat yang menetap di Jepang. Menurutnya, di Jepang muslim sangat minoritas, untuk itu sebagai muslim perlu berhati-hati dan memperhatikan kandungan makanan yang akan dibeli agar halal dikonsumsi.

“Panduan kita untuk makanan dalam Islam sudah diatur dalam Al-Qur’an, dalam QS:5;3. Ayat ini sangat jelas diuraikan bahwa, kita diharamkan memakan bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala,” jelas Wiwik menguraikan arti dari potongan Surat Al-Maidah.

Lebih lanjut Wiwik menyampaikan, secara pribadi Ia dan keluarga sangat memperhatikan kandungan bahan makanan yang dibeli, termasuk ekstrak dan proses pembuatannya, terkadang ada beberapa jenis makanan yang juga mengandung alkohol. Dan untuk semua jenis sari buah boleh dipastikan halal untuk dikonsumsi

“Yang penting adalah perhatian bahan makanan dan proses pembuatannya, dan pastikan untuk hewan sudah dipotong dengan basmalah, dan untuk amannya jika bepergian sebaiknya pastikan membawa makanan kering yang mengenyangkan seperti biskuit,” jelas Wiwik saat dihubungi indonesiantoday.id 7/03/18.

Jika ingin belanja di swalayan, Wiwik menyarankan untuk hunting halal product di internet, misalnya mengakses beberapa situs facebook yang menginformasikan tentang makanan halal di Jepang.

Di antara situs-situs yang memberikan informasi makanan halal di Jepang adalah halalinjapan, 4 Restoran Halal di Nagoya Jepang, halaljapan.info, Home page of Halal In Japan Website introducing all kinds of Halal food restaurants, shops and Muslim friendly places in Japan, as well as general tourism information, halalinjapan.com

Menurutnya, hampir setiap kota di Jepang seperti Tokyo, Nagoya, Kyoto terdapat tempat-tempat yang menjual makanan halal. Bisa diakses di jalan2kejepang.com. Di Gyomu juga banyak menjual makanan halal yang boleh dipesan secara online baticrom.com.

Di Tokyo juga terdapat beberapa keluarga muslim asal Indonesia yang menikah dengan warga Jepang. Di antara mereka ada yang membuka bisnis halal food. Yang paling mudah untuk mendapatkan halal food adalah di sekitar kawasan masjid.

“Namanya Bapak Supriady Amir dan Ibu Akamatsu Yukiko, boleh dicek menu makanan halal yang dijual di facebook mereka. Di Kanazawa juga terdapat halal catering,” jelas Wiwik lebih lanjut.

Tips Dapatkan Halal Food di Negeri Sakura:

1. Jika berbelanja di swalayan carilah pojok makanan impor dan pilihlah makanan yang asal Malaysia dan Indonesia yang sudah dipastikan label halal nya.

2. Penting mengenai bahan yang sering dicampurkan dalam makanan seperti, lecithin kedelai berasal dari kacang kedelai dan yolk lecithin berasal dari kuning telur (Tamago) biasanya digunakan untuk margarine, cokelat,roti, biskuit dan macaroni. Dextrin terbuat dari tepung jagung atau tepung kentang. Glycine, salah satu asam amino yang mengandung protein.

3. Penting mengedukasi anak dengan memberi pemahaman tentang makanan halal apa saja yang boleh dan yang tidak. Untuk amannya sebaiknya cemilan dan makanan ringan lainnya untuk dibuat sendiri di rumah.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top