Menlu RI Luncurkan Tiga Inovasi Pelayanan Publik di KBRI Singapura

KBRI Singapura

Indonesiantoday.id: Singapura – Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, meluncurkan 3 inovasi pelayanan publik di KBRI Singapura, Minggu (11/3). Peluncuran dilakukan di depan sekitar 4000 TKI di Singapura. 3 Inovasi tersebut meliputi Kartu Pekerja Indonesia Pelaut, BPJS Ketenagakerjaan Online dan Akreditasi Agen Online.

“Sesuai arahan Presiden, Kemlu akan terus lakukan inovasi pelayanan publik bagi WNI di luar negeri. 3 inovasi KBRI Singapura ini adalah salah satu bukti komitmen kami,” ujar Menlu Retno. Demikian siaran pers Kemlu yang diterima Indonesiantoday, Senin (12/3).

Selanjutnya, Menlu Retno meminta TKI di Singapura agar fokus bekerja sebaik mungkin. “Mbak-mbak semua silakan bekerja sebaik mungkin. Pemerintah akan fokus berikan perlindungan terbaik bagi mbak-mbak sekalian,” ujarnya di hadapan ribuan TKI yang didominasi wanita.

Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya dalam kesempatan tersebut menambahkan bahwa diharapkan dengan ketiga inovasi ini, TKI dapat menikmati berbagai pelayanan dengan lebih mudah dan cepat.

“KBRI Singapura akan terus berusaha berikan pelayanan terbaik bagi teman-teman pekerja migran,” ujar Dubes Ngurah Swajaya dalam sambutan pengantarnya.

Pada peluncuran tersebut Menlu Retno berkesempatan menghibur TKI dengan menyanyikan lagu Terajana yang disambut antusias oleh para TKI. Sekitar 4000 TKI yang hadir ikut bergoyang ria.

Artis Via Vallen yang khusus didatangkan untuk menghibur TKI yang hadir saat itu semakin melengkapi kebersamaan TKI dengan Kemenlu maupun Pejabat KBRI Singapura yang sengaja menjadikan event ini untuk menambah kemesraan KBRI dengan TKI di Singapura.

Hubungan bilateral Indonesia dan Singapura didorong karena kedekatan geografis yang merupakan salah satu negara tetangga terdekat Indonesia. Kerja sama ekonomi yang kuat terus mengalami perkembangan. Dalam beberapa tahun terakhir, Singapura secara konsisten menjadi investor asing terbesar di Indonesia. Selain itu kerjasama bidang kesehatan, pertahanan, dan lingkungan hidup terus ditingkatkan.

Wilayah negara kota ini dikepung wilayah Indonesia di bagian barat, selatan, dan timur, terjepit di antara Malaysia dan Indonesia. Kedua negara adalah pendiri ASEAN, dan negara naggota Gerakan Non-Blok dan APEC.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top