Komunitas Blogger Muslimah Indonesia Gelar Wisata Sejarah

Blogger Muslimah

Indonesiantoday.id: Melaka – 7-9 April 2018, Komunitas Blogger Muslimah Indonesia Gelar Wisata Sejarah di empat negeri Malaysia. Kegiatan ini bertujuan untuk menggali lebih dalam hubungan kekerabatan Malaysia Indonesia yang telah berlangsung hampir 15 abad silam.

Novia Syahidah Rais Kepala Rombongan Moz Trip mengatakan, wisata sejarah Komunitas Blogger ini bukan sekedar perjalanan wisata biasa. Namun sekaligus sebagai upaya mendapatkan bahan literasi untuk menggali informasi lebih mendalam berkenaan dengan hubungan kekerabatan yang telah terjalin antara Malaysia dan Indonesia.

“Bicara sejarah tentunya Malaysia dan Indonesia tidak bisa dipisahkan, keduanya memiliki kedekatan sejarah yang sangat mendalam. Melalui trip ini kami mengajak founder Blogger Muslimah Indonesia mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya untuk kemudian dijadikan bahan tulisan yang menceritakan fakta sejarah hubungan kedua negara,” ungkap Novia saat dihubungi indonesiantoday.id 10/4/18.

Blogger Muslimah
Foto bersama di depan Istana Seri Meranti Negeri Sembilan Malaysia (Dok. Founder Blogger Muslimah)

Dalam kegiatan ini sejumlah destinasi sejarah dikunjungi komunitas Bloger diantaranya Melaka, Negeri Sembilan, Selangor, Kuala Lumpur dan Putera Jaya.

Di Negeri Sembilan Blogger Muslimah mengunjungi Istana Seri Meranti yang merupakan pusat sejarah Minangkabau di Malaysia.

Istana Seri Meranti yang telah berdiri semenjak 1902. Bangunan istana ini pernah menjadi kediaman Raja Melawar yang berasal dari Pagaruyung Minangkabau Sumatera Barat yang memerintah Negeri Sembilan Malaysia ketika itu.

Keberadaan orang Minangkabau telah diketahui semenjak abad ke-15. Pada masa itu mereka berada dalam perlindungan kerajaan Malaka dan Johor, setelah kedua kerajaan tersebut melemah masyarakat Minangkabau yang ada disana meminta perlindungan dari kerajaan Pagaruyung. Ketika itulah Pagaruyung mengirimkan Raja Melawar untuk memerintah di Negeri Sembilan.

Blogger Muslimah
Foto bersama di depan Masjid Selat Melaka (Dok. Founder Blogger Muslimah)

“Bangunannya persis banget seperti istana Pagaruyung di Sumatera Barat, bangunan sejarah ini sekaligus menunjukkan bukti hubungan kekerabatan antara Indonesia dan Malaysia sangat dekat,” Ungkap salah seorang rombongan Komunitas Blogger ini.

Wisata sejarah Moz Trip rombongan Blogger Muslimah juga mengunjungi sejumlah pasar tradisional yang pedagangnya didominasi orang Indonesia Asli, seperti Pasar Chowkit, Kampung Baru dan sejumlah pasar malam. Selain mengunjungi pasar tradisional Komunitas Blogger juga berkunjung ke sejumlah destinasi wisata sejarah di Kuala Lumpur dan pusat pemerintahan Putera Jaya.

Diharapkan kegiatan wisata sejarah ini dapat memperkaya pengetahuan dan memperoleh informasi yang bermanfaat sehubungan dengan hubungan sejarah Indonesia dan Malaysia.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top