Pramuka Indonesia Dukung Kegiatan Donor Darah di Malaysia

Donor darah
Kegiatan Donor Darah Pramuka Pandega Gudep KBRI Kuala Lumpur

Indonesiantoday.id: Kuala Lumpur – 5/5/18 Pramuka Pandega Gudep KBRI Kuala Lumpur ikut serta dalam kegiatan donor darah di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Menurut Dyah salah satu peserta donor darah mengatakan, partisipasi ini merupakan bentuk empati sesama manusia meskipun berbeda suku dan bangsa.

“Meskipun kami Indonesia, tidak menjadi alasan untuk ikut donor di bank darah Malaysia, asalkan darah yang didonorkan bermanfaat menyelamatkan nyawa sesama,” tutur Dyah saat dihubungi indonesiantoday.id.

Pengakuan Dyah, kegiatan rutin latihan mingguan Pandega terasa lebih bermakna dengan turut serta sebagai peserta dalam kegiatan donor darah ini.

Sementara itu Dr. Sarah petugas pusat darah negara Malaysia mengatakan, hari ini sebanyak 30 orang yang mendonorkan darahnya 80% di antaranya adalah warga negara Indonesia. Dan kegiatan donor ini selalu rutin setiap tahunnya.

“Kami bekerjasama dengan berbagai komunitas Indonesia di Malaysia untuk program donor ini sepanjang tahun,” jelas Dr Sarah.

Dalam catatannya, sebanyak 50 orang telah didaftar sebagai pendonor, namun dari jumlah tersebut sebanyak 30 orang saja yang memenuhi syarat.

Rinjani mahasiswa Indonesia di Universiti Utara Malaysia (UUM) selaku panitia penyelenggara kegiatan donor darah hari ini mengaku senang dengan partisipasi pramuka Indonesia dalam kegiatan donor darah ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membantu sesama yang membutuhkan darah.

Menurutnya kegiatan donor darah ini sepenuhnya digagas oleh mahasiswa Indonesia yang berasal dari berbagai universitas di Malaysia.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top