Sekolah Indonesia Davao Akan Perkuat Semangat Kebangsaan

Davao

Indonesiantoday.id: Davao, Peringati Hari Bakti Imigrasi ke 69, KJRI Davao meminta anak Indonesia di Sekolah Indonesia Davao (SID) perkuat semangat kebangsaan serta penuhi kewajiban sebagai WNI. Hal tersebut disampaikan Galih Priya Kartika Perdhana sebagai Staf Teknis Atase Imigrasi KJRI Davao pada saat upacara hari senin, 21 Januari 2019 di halaman SID.

“Meskipun berada jauh dari tanah air, bukan alasan melemahnya semangat kebangsaan kita. Banyak yang bisa dilakukan untuk menguatkan nilai-nilai kebangsaan,” ungkapnya di hadapan siswa dan staf pengajar SID.

Ditambahkannya, kecerdasan saja tidak mencukupi untuk menjadikan seorang anak tumbuh dengan budi pekerti yang baik ataupun semangat nasionalisme yang terjaga. Tumbuh kembang anak perlu dibekali dengan sentuhan spiritual, mental dan moral, sehingga kelak dapat menunjukkan jati diri yang bersahaja di masyarakat.

“Guru dan orangtua mengambil peranan penting untuk dapat bersinergi melahirkan anak Indonesia sebagai peserta didik yang handal. Mengingat anak-anak kita tumbuh besar di Filipina, maka tugas tambahan kita adalah membekali mereka dengan nilai nasionalisme yang kuat untuk memelihara semangat kebangsaan tetap terjaga. Dengan demikian diharapkan anak-anak kita dapat menjaga citra bangsanya saat berada di masyarakat,” jelasnya lebih lanjut.

Davao

Sebagai duta bangsa Indonesia yang hidup di luar negara, sangat penting untuk menaati hukum yang berlaku di negara tempat kita tinggal. Pastikan agar dokumen pribadi seperti paspor sebagai identitas WNI tidak melewati masa berlaku.

“Khusus untuk anak-anak kelas XII yang akan lanjut ke Perguruan Tinggi di Indonesia, saya berharap kalian cek kembali dokumen kalian sebelum bersiap mendaftar di perguruan tinggi nanti,” tutup Galih.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top