Sekolah Indonesia Davao Gelar Latihan Orientasi Pramuka Bersama Pusdiklatnas Kwarnas

Davao

Indonesiantoday.id: Davao city – Dalam usaha memberikan layanan pendidikan yang berkualitas, pendidikan karakter perlu ditanamkan kepada peserta didik sedini mungkin. Pendidikan Kepramukaan adalah bagian dari kurikulum Diknas untuk melahirkan manusia Indonesia yang berkarakter. 6-9 Februari 2019, Sekolah Indonesia Davao (SID) menyelenggarakan Kursus Orientasi ke Pramukaan bagi guru-gurunya, serta Latihan Dasar Kepemimpinan bagi siswa-siswinya.

Kegiatan yang dibuka Wakil Duta Besar KBRI Manila, Budhi Dewajani bersama Atdikbud Lili Nurlaili mendapat respon postif dari guru maupun siswa SID. Dalam kesempatan tersebut DCM berharap melalui kegiatan Pramuka, semangat kebangsaan dan cinta tanah air semakin bersemi lagi.

Davao

Davao

“Penting menanamkan semangat kebangsaan, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan inspirasi kepada para siswa-siswi SID untuk menumbuh kembangkan rasa nasionalisme, sifat gotong royong, kemandirian, serta kerja keras yang sangat dibutuhkan dalam berkompetisi di masa yang akan datang,” jelas DCM.

Kegiatan ini langsung dipandu oleh Pusdiklatnas Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia. Kak Agus Hendra yang didampingi Kak Ifah dengan penuh semangat memberikan wawasan kepramukaan.

“Pramuka itu menyenangkan, setelah peserta mendapatkan teori, kami meminta peserta untuk mempraktekkan teori tersebut di lapangan. Peserta kami ajarkan praktek baris berbaris, semaphore, morse, tali temali, SKU, SKK, membuat program kegiatan untuk Siaga, Penggalang, dan Penegak,” jelas Kak Agus.

Davao

Davao

Kegiatan ini juga dipersiapkan untuk melaksanakan kurikulum 2013 secara utuh, dimana pendidikan non formal Pramuka menjadi bagian dari sistim pendidikan formal, dan menjadi pelengkap bagi sistem pendidikan formal yang sudah ada.

Guru-guru sangat senang mendapatkan kursus orientasi ini, dan para siswa juga sangat bergembira dengan latihan permainan yang sangat bermanfaat.

Diharapkan agar kegiatan orientasi ini bisa meningkat menjadi Kursus Mahir Dasar (KMD) pada tahun mendatang.

Davao

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top