Sebanyak 45204 WNI di USA Bersiap Ikuti Pemilu April 2019

pemilu 2019

Indonesiantoday.id: North Carolina, USA, Masyarakat Indonesia di Amerika telah bersiap mengikuti Pemilu 2019. Hal tersebut disampaikan Rahmat H Kusuma, Sekretaris PPLN Washington DC dalam acara perpisahan Kedubes Indonesia untuk Amerika Serikat Bapak Budi Bowoleksono di restoran Asia Charlotte, North Carolina.

Saat ditemui reporter Indonesiantoday.id Arya Shinta Wood, Rahmat menyampaikan beberapa hal penting mengenai persiapan Pemilu bagi WNI di Amerika berdasarkan hasil Bimtek di New York. Menurutnya, teknis persiapan pelaksanaan Pemilu akan diatur oleh Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan KPU.

“Di Amerika Serikat terdapat 6 PPLN yaitu Washington DC, New York, Los Angeles, Chicago, San Francisco, dan Houston,” jelas Rahmat lebih lanjut. Diantara tugas PPLN adalah membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Luar Negeri (KPPSLN) yang perekrutannya sesuai dengan jadwal dari KPU yaitu bermulai dari tanggal 15 hingga 28 Februari 2019, dengan masa tugas mulai Maret 2019.

Lebih lanjut dijelaskannya, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di seluruh AS adalah 45204 pemilih, yang ditetapkan pada 10 Desember 2018. Sedangkan, pemungutan suara di AS akan dilakukan serentak pada hari Sabtu, 13 April 2019. Hanya pemilih yang masuk dalam DPT yang dapat memilih. Adapun calon pemilih yang rencananya masuk AS saat pemungutan suara, harus meminta formulir A5 di TPS asal lalu dilaporkan ke PPLN yg akan dituju (1 dari 6 PPLN di AS tersebut via email/WA/media komunikasi yang tersedia) kemudian membawa asli A5 bila yang bersangkutan mencoblos di TPS.

Dengan terbukanya kemungkinan masuknya imigran asal Indonesia ke AS dalam kurun waktu Desember hingga April 2019, maka PPLN AS juga menyiapkan proses pindah mencoblos. Informasi rencana pindah mencoblos itu disampaikan selambat-lambatnya 30 hari sebelum pencoblosan (13 Maret 2019) agar PPLN dan KPPSLN bisa mempersiapkan dan menghitung surat suara dengan lebih baik. Karena surat suara hanya dikirim oleh KPU sebanyak jumlah DPT+2%. Pemberitahuan lebih awal bagi pemilih pindah coblos ini juga dimaksudkan agar ada waktu pengiriman sesuai jadwal bagi pemilih pos yang akan dikirimkan secara bertahap mulai Maret 2019 dan harus diterima selambat-lambatnya per tanggal 19 April 2019.

Dengan tersalurkannya informasi mengenai pelaksanaan Pemilu di AS ini, pihak PPLN New York yang diketuai oleh Bapak Indriyo Sukmono menghimbau agar WNI di Amerika menggunakan hak pilihnya di Pemilu April mendatang, dan seluruh PPLN di AS terbuka untuk memberikan informasi melalui website yang memuat pendaftaran online dan informasi-informasi lainnya terkait pemilu. Seluruh PPLN juga menyediakan email dan no kontak/WA yg bisa diakses oleh WNI dengan basis layanan 24/7 demi menyukseskan pelaksaan pemilu 2019 di Amerika.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top