KBRI TUNIS AJAK WNI DI TUNISIA UNTUK DONOR DARAH

Donor Darah
Dubes RI untuk Tunisia Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakti sedang diperiksa dokter sebelum proses donor darah dimulai.

Indonesiantoday.id: Tunis – KBRI Tunis dan DWP KBRI Tunis kembali mengajak WNI di Tunisia untuk donor darah. aksi donor darah yang dilaksanakan di KBRI Tunis (25/03) dihadiri oleh staff KBRI Tunis beserta keluarga, WNI di Tunisia dan pelajar Indonesia di Tunisia.

Ajakan donor darah ini rutin diselenggarakan setiap tahun oleh KBRI Tunisia bersama DWP KBRI Tunisia dan PPI Tunisia.

“Dari tahun ke tahun acara donor darah selalu dilakukan dan terakhir diselenggarakan pada akhir tahun 2017. Selain itu, mulai tahun ini, kegiatan donor darah akan dilakukan setiap 2 kali dalam satu tahun. Kegiatan donor akan diadakan bertepatan dengan hari besar nasional seperti ketika 17 agustus nanti.” Ujar Duta Besar RI untuk Tunisia, Prof. Ikrar Nusa Bhakti.

Menurut Dubes RI untuk Tunisia, acara donor darah ini memiliki banyak manfaatnya, pertama, kita bisa membantu orang lain yang membutuhkan, dan kedua juga membantu kesehatan diri kita sendiri karena dengan donor darah akan terjadi pembaharuan darah.

“Zaman sekarang anak muda tidak tahu jika darahnya itu bisa didonorkan atau tidak, karena ada persyaratan tertentu untuk bisa donor darah, intinya buat kesehatan kita sendiri” tuturnya.

Donor Darah
Para pendonor sedang berbaring sambil menunggu proses selesai (Foto dok: indonesiantoday)

Dokter Qosim menjelaskan, tidak semua orang bisa menjadi pendonor. Karena ada persyaratan tertentu yang harus dilewati oleh calon pendonor. Mereka harus memiliki tubuh yang sehat yaitu terbebas dari berbagai penyakit, berat badan harus lebih dari 50kg, calon pendonor harus berumur lebih dari 18 tahun dan kurang dari 50 tahun. Selain itu, sebelum mendonor calon pendonor diusahakan sudah makan terlebih dahulu.

Dalam aksi donor darah ini KBRI Tunisia menggandeng palang merah Tunisia. Kantung darah yang terkumpul sebanyak 25 kantung akan diserahkan kepada palang merah Tunisia.

“Alhamdulillah kita sudah berpartisipasi dalam mendonorkan darah kita. semoga darah kita bermanfaat bagi yang membutuhkan” Ungkap Dr. Qosim saat dihubungi indonesiantoday.id

Acara donor darah berjalan lancar selama 3 jam mulai dari jam 09.00 s/d 12.00 CET, dan ditutup dengan hidangan makan siang bersama.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top