Tingkatkan Produktifitas Kerja, Kapusdiklat Bahasa Himbau Prajurit TNI Tingkatkan Kemampuan Komunikasi

Kemenhan
Indonesiantoday.id: Jakarta – Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi prajurit TNI, penting untuk meningkatkan kemampuan komunikasi. Hal tersebut disampaikan Kapusdiklat Bahasa Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI Brigjen TNI Yudhy Candra Jaya, MA.
Menurutnya, sebagai abdi negara, tugas utama kita adalah menjaga harga diri bangsa diamanapun kita berada. Dengan kemampuan komunikasi yang optimal, berbagai kemudahan akan didapatkan dalam menjalankan tugas negara.
“Kemampuan komunikasi yang handal akan menjadi bekal dan memudahkan dalam menjalankan tugas negara. Untuk itu kita harus terus berlatih meningkatkan kemampuan komunikasi yang baik” jelas Yudhy di Pusdiklat Bahasa 6/8/19 lalu.
Disampaikan Yudhy, komunikasi merupakan elemen penting yang menentukan keberhasilan seseorang. Ketika komunikasi berlangsung dinamis, suasana kerja yang tercipta akan kondusif. Dengan demikian produktifitas kerja dalam melayani masyarakat akan lebih maksimal.
Mengingat pentingnya membangun kemampuan komunikasi, Kapusdiklat Bahasa Kemenhan menghadirkan motivator yang sekaligus pakar komunikasi Aqua Dwipayana. Diharapkan paparan yang disampaikan menjadi bekal bagi prajurit dalam menjalankan tugas negara.
Kemenhan
Dalam kesempatan tersebut Dr Aqua Dwipayana menyampaikan  fungsi utama komunikasi dalam membina hubungan dan kepercayaan. Kemampuan komunikasi yang terbina dengan baik akan perekat yang menguatkan interaksi sosial.
“Kepercayaan tidak begitu saja terlahir jika tidak dimulai dengan proses komunikasi yang sehat. Komunikasi yang sehat akan memiliki nilai yang tinggi,’ tambah Aqua.
Ditambahkannya, lahirnya komunikasi yang harmoni diawali dengan sikap. Dimulai dengan mendengarkan orang lain bicara dengan demikian orang lain juga senang hati mendengarkan. Terdapat nilai yang dihargai dari interaksi komunikasi yang dibangun.
Lebih lanjut Aqua menjelaskan, buah dari keberhasilan komunikasi akan menghasilan ide-ide cemerlang yang diwujudkan dalam sikap yang positif. Untuk itulah pentingnya membangun komunikasi dengan menghadirkan hati yang ikhlas.
Dalam kesempatan tersebut selain siswa siswi Prajurit TNI/Polri juga hadir 9 orang siswa dari sejumlah negara sahabat yang sedang menempuh pendidikan bahasa. Sebagian besar siswa adalah prajurit TNI yang sedang dipersiapkan untuk penugasan di satuan baik dalam maupun luar negeri.
Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top