Tingkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Melalui MTT-Australia

Indonesiantoday.id: Jakarta – Kabid Opsdiklat Pusdiklat Bahasa, Kolonel Caj Drs. Hasanuddin Salsab, M.Ed., menerima dua instruktur Defence International Training Center (DITC) yang akan memberikan pembekalan bahasa Inggris bagi siswa bahasa Inggris di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan, Pondok Labu Jakarta Selatan, hari ini, Senin (2/9/2019).

Kedua instruktur tersebut, Peter Donohue dan FLTLT Olga Ergonova yang tergabung dalam Mobile Training Team (MTT), akan memberikan tips bagaimana meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dari level ADFELPS 5-6 menjadi level yang lebih tinggi.

Trainers ini akan memberikan tips yang akan dipraktikkan kepada 12 orang peserta dalam waktu satu bulan. “Mulai hari ini sampai dengan 27 September 2019, Anda bisa mencapai level 8 atau 9,” seloroh salah seorang instruktur DITC tersebut dalam penjelasan program yang akan digelarnya.

Sebagai pilot project MTT, kegiatan seperti ini sangatlah berharga. Salah seorang peserta MTT menyampaikan rasa senangnya bisa mengikuti kegiatan seperti ini.

“Program ini sangat menarik karena metode yang digunakan adalah metode modern berbasis komputer”, katanya. “Dan kita sangat beruntung karena selama sebulan penuh akan diajar oleh native speakers”, tambahnya.

Program pengajaran bahasa Inggris yang berlangsung selama empat minggu ini akan menitik beratkan pada keterampilan menulis (writing skill) dan berbicara (speaking skills) dalam bahasa Inggris.

Sementara itu Brigjend TNI Yudhy Chandra Jaya, MA selaku Kapusdiklat Bahasa menjelaskan kerja sama international ini di bawah naungan High Level Committee yang merupakan kegiatan kerja sama antara Mabes TNI dan Australian Armed Forces digelar setiap tahun. Rapat HLC ini dilaksanakan bergantian, bila tahun ini dilaksanakan di Indonesia maka tahun depan dilaksanakan di Australia,” Jelas Brigjend Yudhy saat dihubungi indonesiantoday.id.

Sementara itu, rapat kerja sama High Level Commettee (HLC) ini dipimpin langsung oleh Panglima masing Angkatan Bersenjata kedua negara.

Di waktu bersamaan Kabid Opsdiklat Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan menerima kunjungan siswa Kursus Bahasa Inggris (KIBI) Reguler Angkatan ke-XVIII /2019. Sebanyak 21 orang siswa KIBI Reguler dari TNI Angkatan Laut ini berkunjung ke Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan dalam rangka orientasi budaya dan melaksanakan praktik bahasa lapangan dengan Mayor Michelle Picton sebagai Defence Cooperation Education Officer (DCEO) sekaligus sebagai native speaker bahasa Inggris.

Didampingi oleh instrukturnya, Lettu Armynia, para siswa tersebut menerima pelajaran dari Mayor Picton sehingga mereka bisa langsung berinteraksi dengan penutur asli.

“Pertama kali memang sulit memahami dialeknya, tapi lama-lama jadi mengerti juga walaupun sedikit”, komentar salah seorang siswa.

Mayor Picton juga menyatakan kalau dirinya juga merasa senang bisa memberikan pengenalan budaya kepada para siswa.

“Mereka sangat antusias dan banyak bertanya”. Kata Mayor Picton tersenyum.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top