Pondok Pesantren Al Umanaa Utamakan Pendidikan Karakter Kembangkan Produktifitas Anak

Indonesiantoday.id Psikolog anak Rosdiana Setryaningrum menjelaskan, memilih sekolah bergantung pada kecocokan karakter anak. Karenanya orangtua tidak perlu memaksakan anak harus seperti yang diinginkannya.

“Pendidikan karakter merupakan penekanan utama pada pendidikan anak, jika penekanan ini dilakukan terus-menerus akan menumbuhkan rasa percaya diri anak. Hasilnya, anak akan tumbuh lebih mandiri dan bertanggungjawab,” ujar Psikolog lulusan Universitas Indonesia ini.

Ketika anak bisa mencetak prestasi, sekecil apapun prestasi itu akan membuat anak merasa dirinya berharga. Filosofi ini lah yang diterapkan di Pondok Pesantren Modern Al Umanaa yang beralamat di Kp. Cikaret RT.02/RW/14, Jl. Pelabuhan II Km.10, Ds. Kebon manggu, Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.

Ustadz Mindjali AS, Direktur sekaligus Pembina Pondok Pesantren Modern Al Umanaa menjelaskan, keunggulan pondok Al Umanaa adalah memastikan peserta didik dapat mengembangkan minat dan bakat sesuai dengan potensi yang dimiliki. Alasan inilah yang menjadikan Al Umanaa menyiapkan kurikulum dengan keterampilan lima bahasa

“Selain Bahasa Indonesia, anak-anak diperkenalkan dengan Bahasa Arab, Bahasa Jepang, Mandarin, Jerman, dan tentunya Bahasa Inggris. Dengan skill Bahasa yang mereka miliki diharapkan peserta didik akan lebih mudah bersaing di masa depan,”ungkap Mindjali lebih lanjut.

Pelajar Al Umanaa Mengikuti Kelas Bahasa Ingris Bersama Danieal M Long Warga Amerika

Hal senada juga disampaikan oleh Amalia Dianah Kepala SMA Al Umanaa Boarding School. Menurutnya, memberikan peluang anak-anak memperkaya kemampuan Bahasa adalah bentuk upaya mempersiapkan generasi muda Indonesia yang siap bersaing di level Internasional.

“Alhamdulillah di usia yang sangat belia Al Umanaa berhasil mencetak segudang prestasi, salah satunya yang terbaru, santri kita memenangkan medali emas dalam lomba pidato Bahasa Inggris tingkat nasional,” ungkap Amalia saat dihubungi indonesiantoday.id.

Sebagai bentuk kesungguhannya, Al Umanaa mendatangkan Native Speaker langsung dari Amerika untuk melatih kemampuan Bahasa pelajarnya. Bahkan sengaja disediakan ekskul khusus Bahasa untuk memastikan pelajar terus mengasah kemampuan bahasanya dengan dipandu native speaker langsung.

Daniel M. Long warga Amerika mengaku senang bisa melatih kemampuan Bahasa Inggris pelajar Al-Umanaa secara langsung. Menurutnya, pelajar Al Umanaa memiliki minat belajar yang sangat tinggi, dan sekolahpun memberikan kesempatan kepada pelajarnya untuk terus mengembangkan potensi mereka.

Selain penekanan Bahasa, Al Umanaa juga menekankan pendidikan wirausaha yang menjadi mata pelajaran wajib. Anak-anak diberi kesempatan untuk menunjukkan kreatifitas mereka mengolah makanan dan merancang desain kemasan dengan baik. Diharapkan dengan konsep entrepreneur yang dibina akan menjadikan lulusan Al Umanaa memiliki daya saing yang tinggi.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top