Wanita Keturunan Indonesia Terobos Jabatan Hakim di Negeri Paman Sam

Wanita Keturunan Indonesia di Negri Paman SamPaman

indonesiantoday Menjelang akhir 2020 lalu, media nasional diramaikan dengan kabar keberhasilan wanita berdarah ‘Batak’ sebagai hakim, Marissa Hutabarat seorang warga negara Amerika keturunan Indonesia menduduki posisi hakim di pengadilan perdata New Orlans, Amerika serikat.

“Sungguh luar biasa menerima banyak ucapan, cinta, selamat, dan harapan dari orang-orang Indonesia yang tidak mengenal atau mendengar nama saya sebelumnya, sebagai wanita keturunan Indonesia tentunya ada rasa bangga dengan capaian ini,’’ ungkap Marissa.

Marissa mengaku untuk mendapatkan psosi jabatan seorang hakim penuh perjuangan, kepada Media Marissa berbagi rahasia keberhasilannya menempati posisi hakim pengadilan di New Orleans, Amerika Serikat.

Pertama, Be brave and smart woman! Menjadi hakim memerlukan integritas dan kredibilitas tinggi guna menyelesaikan suatu perkara dengan prinsip keadilan. Keberanian dan kepintaran merupakan suatu landasan kuat seorang Marissa Hutabarat meraih mimpinya.

Wanita kelahiran Amerika ini menamatkan Pendidikan hukumnya di Loyola University sekaligus menjabat sebagai juru bicara yudisial bahkan pengacara dengan beberapa rentetan kasus yang berhasil ia tuntaskan.

Cerdas dan berani menjadikan Marissa bertekad untuk mencalonkan dirinya sebagai Hakim. Bahkan dalam kampanyenya, Ia berjanji akan memperbaiki sistem pengadilan untuk orang-orang yang tidak punya akses pada keadilan.

“Misiku adalah untuk melayani masyarakat. Aku punya semangat, keberanian, dan komitmen untuk melakukannya,” ujar Marissa.

Faktor sukses kedua adalah, belajar dari sebuah pengalaman, “Pengalaman adalah guru terbaik” ungkapan itu rasanya sangat tepat dengan perjalana yang dilewati sebagai pengacara, juru tulis hingga akhirnya mengantarkannya pada impian menjadi seorang hakim.

Pengalaman Marissa menjadi pengacara sangat membantu dalam memahami sudut pandang banyak orang yang mengajukan kasus di pengadilan. Marissa ingin memastikan pada setiap orang yang hadir di pengadilan merasakan penerimaan, merasa dihormati dan merasa suara mereka didengar oleh hakim yang berlaku adil dan tidak memihak.

Never give up! Adalah alasan kuat ketiga yang menjadikan wanita ini berhasil, Marisa tidak mudah menyerah dalam setiap rintangan yang dihadapi “Kamu harus mengejar mimpimu dan bekerja keras untuk mewujudkannya,” tambah Marisa.

Bagian akhir sebagai pendukung utama kesuksesan Marisa adalah Dukungan keluarga dan kerabat. Dukungan moril dan materil dari keluarga tentunya sangat diperlukan dalam langkah seseorang meraih kesuksesan, Marissa merasa sangat beruntung mendapat dukungan penuh keluarganya.

“Saya bangga jadi bagian dari orang Indonesia, budaya Indonesia yang mengajarkan pentingnya keluarga menjadi faktor utama kesuksesan hidup. Dukungan keluarga dan kerabat adalah motivasi dan mentor utama untuk sampai ke titik ini,’’ ungkapnya

Editor : Shabrina Hanifa

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top