Beasiswa di Jepang

beasiswa

Indonesiantoday.id Jepang – Jepang bukan hanya menawarkan kecanggihan dan juga keindahan negaranya bagi wisatawan asing. Namun Universitas di Jepang menjadi sasaran banyak pelajar Indonesia dan internasional yang juga menyediakan wadah beasiswa bagi yang berminat. Universitas yang menjadi incaran calon mahasiswa tersebut pula memiliki banyak hal menarik.

Dikutip dari laman okezone.com, Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) pemerintah Jepang mengadakan beasiswa bagi lulusan tingkat SMA/SMK.

Untuk Program undergraduate GAKUBU 2022. Pelajar yang menerima beasiswa, sebelumnya akan diberi pembelajaran selama 1 tahun untuk persiapan di Jepang. Bagi pelajar dengan jurusan IPS akan mempelajari ilmu sosial, bahasa Jepang, bahasa Inggris dan matematika. Sedangkan pelajar dengan jurusan IPA akan mendalami ilmu fisika, kimia, dan biologi.

Sarana atau fasilitas yang akan diterima oleh para calon mahasiswa yang menerima beasiswa berupa: tiket pesawat pergi pulang, biaya kuliah sepenuhnya, tunjangan hidup kurang lebih ¥117.000/bulan atau setara dengan Rp 15,6 juta, bebas pengurusan biaya visa pelajar dan tanpa ikatan dinas.

Adapun beberapa persyaratan yang berlaku adalah, Lulusan sekolah formal tingkat SMA/SMK dan sederajat. Usia maksimal 24 tahun pada tanggal 1 April 2022 (Pelamar yang lahir minimal 2 April 1997). Nilai pengetahuan semester 4 dan 5, minimal 84 untuk masing-masing mata pelajaran pada masing-masing semester; Matematika wajib dan B. Inggris wajib. Bagi yang memilih bidang studi kategori IPA, tidak bisa mendaftar apabila nilai rata-rata mata pelajaran yang disebutkan kurang dari 84, meskipun memiliki sertifikat JLPT.

Bagi peserta yang memilih bidang studi kategori IPS apabila salah satu mata pelajaran yang disebutkan kurang dari 84, tetap bisa mendaftar dengan sertifikat: – Tes Kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) minimal level N3 – J-Test minimal level DE (500 poin) – NAT-Test minimal level 3 – EJU minimal 240 poin untuk tes Bahasa Jepang

Bagi yang memiliki nilai EJU mata pelajaran apapun akan menjadi poin tambahan. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini.

Selain itu juga, dikutip dari laman detik.com Program Senshu menawarkan beasiswa bagi lulusan SMA/SMK. Program Senshu (Specialized Training College)  menawarkan beasiswa bagi lulusan SMA/SMK. Pendidikan tersebut berlangsung selama 2 tahun ditambah masa pelatihan 1 tahun, sehingga jumlah masa belajar yaitu 3 tahun.

Agar bisa mengikuti Program Senshu, persyaratan yang harus dipenuhi adalah: Lulusan sekolah formal tingkat SMA/K dan sederajat (semua jurusan). Usia maksimal 24 tahun pada tanggal 1 April 2022 (Pelamar yang lahir minimal 2 April 1997). Nilai pengetahuan semester 4 dan 5, minimal 80 untuk masing-masing mata pelajaran pada masing-masing semester; Matematika wajib dan Bahasa Inggris wajib.

Apabila nilai salah satu mata pelajaran yang disebutkan kurang dari 80, tetap bisa mendaftar dengan melampirkan sertifikat: Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level N4. J-Test minimal level D-E (350 poin). NAT-Test minimal level 4. EJU minimal 240 poin untuk tes Bahasa Jepang.

Bagi pelamar yang memiliki nilai EJU mata pelajaran apapun akan mendapat poin tambahan, dan bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top