Tips Paling Ampuh lulus Ujian di Mesir

Mesir

Indonesiantoday.id Mesir – Saat kuliah di luar negri bukan lagi cuma sekedar impian. Untuk mahasiswa asal Indonesia yang tengah berusaha persiapkan segalanya  sebelum ujian Al Azhar. Bisa menerapkan tips dari Hilsa Salas Mutianih, mahasiswa asal Indonesia yang tengah menjalankan study di Mesir.

“Beberapa tips yang penting untuk mempersiapkan ujian dengan baik, yang pertama pasti baca semua buku yang tebel nanti di bagi – bagi sehari kita baca berapa lembar, trus berdoa dan yakin sama Allah. Soalnya ujian di sini tuh bukan hanya ngandelin otak tapi harus yakin juga sama Allah kalo kita bakal lulus “. Ujarnya

Perasaan tegang selalu menyelimuti para mahasiswa, namun hal itu tidak membuat mereka menyerah begitu saja. Ujian Al Azhar adalah rintangan yang harus mereka lewati dengan penuh semangat yang membara.

Bukan hanya ketegangan namun, perasaan kesulitan memahami bahasa yang di buku menjadi salah satu tantangan, karena berbeda dengan bahasa sehari-hari yang mereka rasakan. Belum lagi jika mahasiswa yang jarang kuliah harus kebingungan jika ada satu pertanyaan mesti dijawab sesuai dengan yang di buku atau dengan dengan penjelasan dosennya. Bahkan mata kuliah yang memiliki buku-buku sangat tebal juga tidak memungkinkan untuk menghafal semua nya dengan waktu yang terbatas.

Setelah ujian dilaksanakan akan ada ketegangan kedua yang muncul yaitu, hasil dari ujian tersebut. Ujian Al Azhar memiliki peraturan jika lebih dari 2 mata kuliah memiliki nilai merah atau dibawah standar maka tidak akan lulus atau naik tingkat. Tidak ada bahasa remedial atau pengulangan satu mata kuliah akan tetapi harus mengulang selama satu tahun penuh.

Ujian Al Azhar dilaksanakan selama satu bulan dengan 5/6 mata pelajaran di termin ke 1 pada tingkat 4 atau setara dengan semester 7. Masih tersisa kurang lebih dua Minggu untuk mahasiswa mempersiapkan ujian . ” Ujiannya nanti tanggal 17, insyaallah ” ujar Hilsa Salas Mutianih lagi

Dengan semua alasan itu mahasiswa Indonesia mempersiapkan ujiannya dengan sangat matang demi menuai hasil yang memuaskan.

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top