Yuk..!! Kita Simak Bagaimana Proses Kuliah dan Dapatkan Beasiswa di Italia

Sumber Foto: http://news.borsadelcredito.it

Siapa yang tidak ingin kuliah di luar negeri, apalagi sampai ke Eropa. Namun untuk bisa mewujudkan mimpi tersebut, tentunya diperlukan perjuangan yang luar biasa. Untuk teman-teman dengan background Urban Planning, Arsitek, Teknik Sipil, dan khususnya tertarik dengan jurusan Management of Built Environment Italia adalah salah satu negara pilihannya. Kata Agie Widhya Priakbar pelajar Master Awardee beasiswa di Politecnico Minalo Italia menjelaskan, kampus ini adalah salah satu kampus di Italia yang banyak dikejar pemburu beasiswa.

“Saat ini sangat banyak calon mahasiswa dari berbagai negara yang memilih kampus ini untuk tempat belajar. Jika ingin menjadi salah seorang siswanya silakan klik link berikut untuk mendaftar http://www.polinternational.polimi.it/how-to-apply/laurea-magistrale/scholarships/,” ungkap pria asal Tangerang yang juga ketua Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Italia.

Kata Agie lagi, secara general selain persyaratan administrasi hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah letter of recommendation, letter of motivation, language proficiency (IELTS 6.0). Dan semua persyaratan ini harus dipenuhi sebelum mendaftar kuliah.

Krisna leo parista yang juga Awarde LPDP di Politecnico menjelaskan, Kampus keren di kota Milan ini biasa di kenala dengan Polimi. Ia menawarkan banyak sekali scholarship seperti gold, silver, platinum dari berbagai lembaga pemberi beasiswa di Italia. Mahasiswa yang menerima scholarship hanya membayar non refundable administrative fee sebesar EUR200.

Kuliah di Milan sangat berat, menguasai teori sangat penting sebelum praktek. Professor selalu menekankan pentingnya confidence dan pemahaman akan segala sesuatu. Untuk mata kuliah yang sama, dalam satu hari bisa terbagi dua: 4 jam teori dan 4 jam praktek (total = 8 jam full).

“Kira-kira seperti itulah beratnya perkuliahan di Polimi, well it’s challenging, though,” ungkap gadis yang juga asal Tanggerang Nah… !!

Ini dia yang perlu diperhatikan untuk kuliah di Italia:

Waspada di keramaian
Milan ini adalah kota mode, hampir semua penduduk baik lokal maupun imigran terlihat fashionable dan ‘keren’. Jika kita menyukai seni, desain, arsitektur, budaya, traveling, fashion, sepak bola Italia, culinary seperti aneka pasta, pizza, keju, cokelat, gelato kopi, wine, dijamin bahagia hidup di kota ini. Namun, kita juga harus tetap berhati-hati saat berada di tempat umum. Pastikan anda menjaga barang bawaan pribadi dengan baik. In general, orang Italia sangat passionate, relax, dan fashionable.

Belajar Kuasai Bahasa Italia
Agar dapat berbaur, kita harus open minded, confident, dan adaptable. Ada baiknya juga jika kita menguasai Basic Italian Language karena penduduk Italia memiliki pride yang tinggi akan bahasa dan budayanya. Jika kita menunjukkan usaha untuk berbahasa Italia, mereka akan respect kepada kita.

Aktif Dengan Organisasi Mahasiswa Indonesia
Sebagai mahasiswa Indonesia, ada baiknya untuk aktif di berbagai organisasi pelajar. Dan salah satunya adalah organisasi pelajar Indonesia. Bergabung di PPI di negara tempat kita belajar akan sangat menguatkan ketika rindu tanah air. Di Italia PPI telah menjadi wadah berkumpulnya mahasiswa Indonesia untuk berbagi informasi dan pengalaman.

Jangan Malu Bertanya
Berbeda dengan di Indonesia, di Polimi, Professor tidak peduli dengan absen, yang penting adalah harus hadir midterm exam dan final exam which is quite scary. Ajaibnya, tanpa paksaan absen, kelas selalu saja penuh dan hampir semua mahasiswa lokal dan internasional serius dengan studinya. Sebelum memulai perkuliahan, basically kita harus membaca modul kuliahnya karena rata-rata Professor mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap mahasiswanya termasuk menjadi aktif di kelas.

Pandai Mengatur Waktu
Mengatur waktu adalah kunci kuliah utama di Milan, jika perlu merekam suara Professor via recorder HP saat perkuliahan berlangsung. Mengingat banyak sekali godaan bersosialisasi & traveling dengan harga yang terjangkau, pastikan tugas kuliah sudah dikerjakan sebelum melakukan aktifitas diluar kampus. Godaan tersebut cukup berbahaya untuk kelangsungan studi. Sangatlah penting untuk mempersiapkan rencana studi dengan baik agar dapat lulus tepat pada waktunya.

 

Feel free to share

Similar Articles

Leave a Reply

Top